Regional

Pemkab Gowa-Pemprov Sulsel Kaji Aturan Saturday Truck Freeday di Kawasan Malino

BIMATA.ID, Makassar – Pemkab Gowa berencana memberlakukan Saturday Truck Free Day di kawasan wisata Malino.

Pemberlakuan ini mulai dibahas Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bersama Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman. Pada hari Sabtu, kawasan wisata alam tersebut bebas dari aktivitas truk.

Sudirman mengatakan, rencana membatasi pelintasan truk khusus di hari Sabtu pada jalur tertentu seperti area jalan menuju kawasan wisata Malino, Gowa, tersebut, masih dalam kajian berlanjut.

“Kami sudah koordinasi dengan Bupati Gowa bahwa segala wisata di Malino terhambat percepatannya oleh isu akses. Oleh karena itu kita kaji penerapan Saturday Truck Freeday pada jalur akses ke Wisata Malino,” katanya.

Jika diberlakukan, nantinya truk tidak bisa melintas selama perberlakukan yaitu di hari Sabtu.

“Ini bentuk sinergitas kebijakan untuk menjadikan Malino sebagai sentra destinasi unggulan dekat dari kota Mamminasata,” jelasnya.

Menurut dia, salah satu upaya untuk memperlancar akses menuju kawasan Malino sehingga akan meningkatkan kunjungan wisata.

Terlebih saat ini Pemerintah Provinsi Sulsel beserta kabupaten/kota tengah berupaya memulihkan perekonomian, salah satunya sektor pariwisata.

“Kita harap ini bisa meningkatkan kunjungan wisatawan. Dengan begitu, tidak hanya sektor pariwisata yang kita kembalikan, namun akan berdampak pada pemulihan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

“Kita akan kaji dan sosialisasikan lebih dahulu,  terapkan kemudian evaluasi peningkatan pengunjung dan promosi wisata Malino,” tambah Andi Sudirman.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close