BeritaEkonomiLifestyleNasionalSains & TekUMKMUmum

Pemerintah Perkuat UMKM Halal Lewat Perkembangan Teknologi

BIMATA.ID, Jakarta- Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan dan UMKM, Kementerian Koordinator (Menko) Perekonomian Rudy Salahuddin, mengatakan pengembangan industri halal perlu dilakukan secara inklusif.

Pemberdayaan UMKM halal melalui pemanfaatan teknologi digital akan menjadi kekuatan besar yang berdampak signifikan bagi peningkatan perekonomian nasional dan kesejahteraan masyarakat.

”Pemerintah terus mendorong pendampingan terintegrasi dan berkelanjutan diantaranya melalui sinergi peran Pusat Layanan Usaha Terpadu K-UMKM di daerah dengan program pendampingan yang dilaksanakan Kementerian/Lembaga dan platform digital,” katanya di Jakarta, Minggu (07/11/2021).

Gaya hidup halal (halal lifestyle) dengan menggunakan produk-produk bersertifikat halal menjadi sebuah kebutuhan utama bagi umat Islam. Ini pun memberikan peluang bagi Indonesia untuk menjadi penghasil produk dan jasa halal terbesar di dunia.

Namun, peningkatan kebutuhan tersebut sebagian besar masih dipenuhi melalui impor. Sebab kemampuan para produsen di dalam negeri belum sesuai dengan standar halal yang berlaku. Sehingga saat ini Indonesia masih berada di peringkat 5 sebagai negara produsen halal.

Asisten Deputi Perlindungan dan Kemudahan Usaha Mikro, Kementerian Koperasi dan UKM, Rahmadi mengatakan potensi ekonomi syariah di Indonesia sangat besar. Saat ini juga sudah banyak pihak yang melakukan program pelatihan sebagai bentuk dukungan sinergi berbagai pihak untuk mempercepat adaptasi digital dan sertifikasi halal bagi UMKM.

Dalam hal ini, pemerintah pun telah memberikan sejumlah terobosan untuk memperkuat UMKM. Antara lain sertifikasi produk halal dan memberikan kemudahan perizinan. Lalu percepatan digitalisasi, pengalokasian pengadaan barang dan jasa Pemerintah Pusat dan Daerah bagi produk UMKM.

Di samping itu, Pemerintah membantu dalam hal penyediaan infrastruktur publik, kemitraan UMKM dengan usaha besar, pengembangan koperasi modern. Termasuk program peningkatan kapasitas usaha UMKM dan Koperasi, serta inkubator usaha

“Tranformasi UMKM didorong Pemerintah dengan menyiapkan sejumlah terobosan untuk memperkuat UMKM,” ujarnya.

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close