Regional

Paket Sembako Pemkot Makassar Kedaluwarsa Sebelum Didistribusi ke Masyarakat

BIMATA.ID, Makassar – Ribaun mi instan dalam paket sembako milik Dinas Sosial Kota Makassar ditemukan sudah expired alias kedaluwarsa.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengaku, heran dengan ditemukannya paket sembako yang sudah tidak laik konsumsi tersebut. Paket ini masih tersimpan di dalam gudang.

“Ini ada apa, kenapa banyak yang rusak, kedaluwarsa dan dimakan tikus. Padahal waktu akhir tahun 2020 dan tahun ini saja ada banyak bencana banjir dan lainnya kenapa itu tidak disalurkan,” kata Danny sapaan akrab Ramdhan Pomanto, Rabu (10/11/2021).

Dia mengatakan, banyaknya laporan dan keluhan mengenai kinerja dari pejabat lama Dinas Sosial Makassar menjadi alasan untuk menggantinya.

Bahkan setelah penggantian, pejabat baru mendapati ada begitu banyak paket kebutuhan sembako menumpuk di gudang dan tidak tersalurkan.

“Setelah dicek, ternyata itu semua kedaluwarsa dan saat dibeli juga ternyata masa kedaluwarsanya itu sudah dekat. Sudah tahu begitu, kenapa dibeli,” katanya.

Wali Kota menilai temuan bantuan sembako yang dibiarkan membusuk menunjukkan manajemen dinas sosial perlu diperbaiki.

“Itu tandanya pengelolaan dinas sosial begitu buruk, sekarang sudah mulai bagus,” katanya.

Plt. Kepala Dinas Sosial Makassar Muhyiddin membenarkan adanya temuan itu. Dia menyebut, ada ribuan makanan berupa mi instan sudah kadaluwarsa hingga dimakan tikus.

“Ini kami tidak berikan kepada masyarakat walaupun ini ada stok barang. Tapi seharusnya kan 2020 banyak kejadian-kejadian, kenapa tidak dibagi. Yang menjadi persoalan barangnya sudah ada, tapi tidak mungkin kami bagi karena sudah kedaluwarsa,” ucapnya

(HW)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close