Berita

Mendikbudristek Mengatakan Prokes Kunci Kesuksesan Selama Proses PTM

BIMATA.ID, Jakarta — Direktur Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Mendikbudristek, Sri Wahyuningsih, mengatakan Protokol Kesehatan (prokes) menjadi kunci keberhasilan proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) selama pandemi Covid-19.

“Mari edukasi anak tetap patuh pada protokol kesehatan. Mari kompak antara orang tua, guru mengedukasi di mana bisa buka masker dan di mana harus patuh pada prokes,” katanya, Jumat (05/11/2021).

Pihaknya mengatakan, hasil evaluasi berbagai pihak menunjukkan cukup lamanya anak belajar di rumah menunjukkan ketidakefektifan, menimbulkan learning loss yang semakin meningkat.

“Yang paling membahayakan dari dampak COVID-19 kalau pendidikan tertinggal, karena kalau pendidikan tertinggal susah mengejarnya. Sementara sebelum pandemi pun kualitas pendidikan kita pun mengalami ketertinggalan dari negara-negara Asia lain,” ucapnya.

Di sisi lain, pembelajaran tatap muka dinilai penting salah satunya demi memudahkan edukasi pada anak. Sri mengatakan, terkadang guru cenderung mudah dalam mengedukasi anak ketimbang orang tua. Mereka juga mempunyai pengaruh luar biasa dalam mempersiapkan karakter anak.

“Faktor teman-teman juga memberikan pengaruh anak bisa tough, survive dalam menghadapi masalah di sekolah, saling menolong,” tungkasnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close