PertanianBeritaEkonomiPendidikanPerkebunanRegionalUmum

Mahasiswa KKN Ciptakan Pupuk Jakaba dari Cucian Beras

BIMATA.ID, Labuhan Batu- Mahasiswa KKN Universitas Labuhan Batu Fakultas Sains dan Teknologi Program Study Agroteknologi melakukan kegiatan pembuatan pupuk jakaba dari cucian beras di desa hadundung yang bertujuan membangun desa khususny dalam bidang pertanian berkelanjutan.

Tujuan pembuatan pupuk organik cair ini kemasyarakat adalah  untuk mengenalkn suatu pupuk  yang ramah lingkungan dan tidak merusak tanah karna banyaknya petani yang selalu mengandalkan pupuk kimia tetapi tidak memikirkan dampak negatifnya, untuk itu mahasiswa KKN memberikan sosialisasi dan praktik kemasyarakat khusunya petani-petani di desa hadundung dapat berkelanjutan.

Manfaat dari jamur jakaba adalah mempercetan pertumbuhan tanaman, mengatasi fusarium. Jakaba mengandung 90% karbohidrat yang berupa pati, vitamin, mineral serta berbagai protein. Karbohidrat dalam jumlah yang tinggi akan membantu proses terbentuknya hormon tumbuh berupa Auksin, Giberelin dan Alanin. Ketiga jenis hormon tersebut bertugas merangsang pertumbuhan pucuk daun, mengangkut makanan ke sel-sel terpenting daun dan batang.

“Saya Muhammad Alwi Ma’arif Ritonga mengharapkan masyarakat khususnya petani seluruh Indonesia tidak hanya memikirkan hasil tapi juga memikirkan pertanian berkelanjutan agar pertanian di Indonesia selalu aktif.” ucapnya.

 

(Bagus)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close