Berita

Legislator Nasdem Mendukung Hukuman Mati Koruptor Disesuaikan Mekanisme

BIMATA.ID, Jakarta — Wakil Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Fraksi Partai Nasdem Ahmad Syahroni mendukung wacana hukuman mati untuk para koruptor jika tindakan dilakukan memiliki unsur tindak pidana korupsi yang berat dengan kerugian negara yang besar.

“Secara pribadi saya mendukung hukuman mati koruptor,Tentunya harus melalui mekanisme yang jelas tidak semua korupsi harus berujung hukuman mati jadi perlu disesuaikan dengan kasusnya,” katanya, Jumat (26/11/2021).

Syahroni mengatakan, turut menyoroti terkait efektivitas dari hukuman mati guna memberikan efek jera pada pelaku perlu dilihat juga apakah hukuman mati benar-benar bisa menghentikan aksi korupsi di Indonesia.

“Yang kemudian penting juga adalah efektif atau tidaknya hukuman mati untuk menimbulkan efek jera pada pelaku,” ucapnya.

Karena meski ada aturannya, hingga saat ini pasal mengenai hukuman mati tidak pernah benar-benar dijatuhkan, Selain hukuman mati bagi para terpidana korupsi, itu juga mengingatkan soal aset negara, Caranya dengan penerapan aturan money laundering dan pencucian uang yang tegas dan efektif.

“Bagaimana mengembalikan aset negara melalui aturan money laundering atau tindak pidana pencucian uang, Jadi selain pelakunya ditindak, kita juga bisa mengamalkan kerugian negara bisa diminimalisir,” tungkasnya. (oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close