BeritaHeadlinePendidikanPolitik

Kunker ke Desa Eks Pemukiman Transmigran, Sudewo Minta Masyarakat Sekolahkan Anak-Anaknya

BIMATA.ID, Sulteng – Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Sudewo meminta, agar masyarakat Desa Minakarya (eks pemukiman transmigrasi) tetap mendukung dan mendorong anak-anak untuk melanjutkan pendidikan formal sebagaimana wajib belajar.

Hal itu disampaikan Sudewo saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) bersama Komisi V DPR RI ke Desa Minakarya, Kecamatan Moilong, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Rabu, 17 November 2021.

“Saya berpesan kepada masyarakat Desa Minakarya, khususnya untuk anak-anak eks transmigran agar tetap bersemangat dalam menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi, supaya bisa terus menggali potensi unggulan desa dan dikembangkan agar ekonomi terus tumbuh dan kesejahteraan masyarakat dapat terus meningkat,” tuturnya, Rabu (17/11/2021).

Politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini menyebut, permasalahan yang ada di Desa Minakarya, yakni jembatan penghubung antar Desa yang rusak dan Bendung Mercu yang jebol, serta abrasi pantai dan bangunan Sekolah Dasar (SD) yang perlu perbaikan.

“Selaku Anggota Komisi V DPR RI, saya akan mensinergikan program lintas kementerian untuk mengembangkan potensi ekonomi yang ada di wilayah Kabupaten Banggai dan mencarikan solusi permasalahan yang ada di Desa Minakarya dan Kabupaten Banggai,” pungkas Sudewo.

Di sisi lain, pihaknya pun mengapresiasi kerja keras dan semangat warga eks transmigran di Kecamatan Moilong, sehingga UPT Toili V saat ini telah menjadi desa definitif dan menjadi lumbung pangan.

“Desa Minakarya memperlihatkan kepada kita semua bahwa penyelenggaraan transmigrasi mampu mendorong terbentuknya pusat-pusat produksi baru, yang kemudian berkembang menjadi pusat-pusat pertumbuhan baru, dan mampu mendukung terbentuknya pusat pemerintahan baru,” imbuh Legislator daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) III ini.

Bahkan, lanjut Sudewo, kebijakan Kabupaten Banggai yang memprioritaskan SDM sebagai pilar pertama pembangunan dan bangga dengan perkembangan Desa Minakarya patut diapresiasi. Sebab, dari Desa Minakarya telah lahir Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banggai, para kepala desa, dan sarjana perguruan tinggi.

Tidak hanya itu, Sudewo pun turut meninjau ke stand usaha masyarakat Desa Minakarya yang memamerkan berbagai usaha ekonomi masyarakat, seperti usaha pengolahan makanan ringan berupa keripik singkong, talas, tempe, dan pengolahan rempah-rempah.

“Kegiatan usaha ekonomi tersebut merupakan binaan dari Perusahaan Migas yang ada. Dukungan pihak swasta kepada masyarakat tersebut merupakan salah satu wujud kolaborasi pemerintah dan swasta untuk kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Direktur Jenderal Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi (PKKTrans), Aisyah Gamawati, Inspektur Jenderal Kemendes PDTT RI, Ekatmawati, dan Sekretaris Ditjen PPKTrans, Sigit Mustofa.

[MBN]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close