BeritaEkonomiPolitikRegionalUmum

Ketua Fraksi Gerindra Sulteng Sebut Akan Dorong Kebijakan Pemerintah yang Pro Rakyat

BIMATA.ID, Sulteng- Fraksi Partai Gerindra Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) memberikan pandangan terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat Sulteng, pihaknya menilaih grafik kesejahteraan masyarakat belum menggembirakan dan masih belum membanggakan, meskipun angka pertumbuhan ekonomi daerah ini mencapai 10,82 persen pada semester I tahun 2021.

Hal itu terungkap melalui Ketua Fraksi Partai Gerindra Provinsi Sulawesi Tengah Abdul Karim Aljufri dalam keterangannya yang diterima redaksi Bimata.id, 3 November 2021.

Menurutnya, capaian angka pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tengah sangat dipengaruhi oleh lapangan usaha sektor industri pengolahan yang mencapai 24,19 persen, dan lapangan usaha sektor pertanian sebesar 21,76 persen.

Dalam keterangannya menyebutkan bahwa di tengah capaian positif atas peningkatan angka pertumbuhan ekonomi daerah Provinsi Sulteng, Fraksi Gerindra menilai, saat ini masih berhadapan dengan persentase penduduk miskin, yang juga masih pada bilangan dua digit, yakni 13,06 persen atau sebanyak 403,740 jiwa.

Dia pun menyebutkan jumlah pengangguran yang masih terbilang tinggi, yakni 59.380 jiwa atau 3,77 persen dari total angkatan kerja.

Saat ini lapangan usaha pada sektor pertanian, perekebunan dan peternakan, perikanan serta kelautan menjadi salah satu penyokong utama tingkat pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulteng, serta mendominasi jumlah terbesar serapan tenaga kerja, yakni 43,11 persen.

Olehnya itu, Fraksi Gerindra menyarankan untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi kerakyatan, tentulah kebijakan pembangunan Provinsi Sulteng yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sulteng 2021-2026, harus dititik beratkan pada sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan kelautan yang selama ini menjadi penyokong utama lapangan usaha dengan serapan tenaga kerja terbanyak bagi masyarakat Sulteng.

Ketua Fraksi Partai Gerindra Provinsi Sulteng, Abdul Karim Aljufri  melalui Fraksi Gerindra berjanji akan mendorong pembahasan dalam rapat pembahasan RPJMD 2021-2026 sesuai waktu yang telah disepakati, agar dapat segera disahkan dan selanjutnya dilaksanakan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng untuk kelancaran dan kesuksesan program pembangunan daerah sesuai dengan harapan dan tujuan bersama.

“Khusus kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng beserta segenap jajarannya, kami ucapkan selamat bekerja. Fraksi Gerindra akan senantiasa bersama-sama pemerintah dan mendukung, sepanjang kebijakan dan program pembangunan pemerintah benar-benar pro rakyat, berpihak pada kepentingan masyarakat demi kemajuan daerah.”katanya.

Tak hanya itu, dirinya juga akan selalu memberikan kritik kepada pemerintah yang tujuannya untuk membangun tanah air yang lebih baik lagi.

“Kami pun tentu saja tak akan henti-hentinya menyampaikan kritikan yang membangun untuk kebaikan dan kepentingan pembangunan daerah yang kita cintai ini,” Tambahnya.

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close