Berita

Kemenkes Tengah Merencanakan Vaksinasi Dosis Ketiga untuk Kelompok Lansia

BIMATA.ID, Jakarta — Dalam rapat kerja bersama komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, mengatakan Pemerintah saat ini tengah merencanakan skema vaksinasi dosis ketiga atau booster bagi kelompok lanjut usia (lansia).

“Rencana ke depannya sudah dibicarakan dengan Bapak Presiden adalah ini pertama prioritasnya lansia dulu, karena lansia itu tetap yang berisiko tinggi,” katanya, Senin (08/11/2021).

Kemenkes menjelaskan, tingkat kematian kelompok lansia akibat Covid-19 lebih tinggi ketimbang kelompok usia lainnya. Karena itulah pemerintah juga tengah berusaha mengebut jumlah vaksinasi dosis kedua bagi kelompok tersebut.

“Memang prioritasnya vaksinasinya yang ada kita berikan ke lansia dulu sampai selesai, untuk memastikan mencegah jangan sampai nanti ada kasus kenaikan,” ujar Budi.

Rencana itu akan mulai dilakukan setelah 50 persen dari populasi di Indonesia sudah menjalani vaksinasi dosis kedua Covid-19. Sebab, booster menjadi isu yang menjadi pembicaraan di dunia internasional.

“Ini sensitif karena di dunia orang bilang, masih banyak orang Afrika yang belum dapat. Kenapa negara maju dikasih booster, jadi isu ketidakadilannya isu etisnya tinggi-tinggi sekali,” jelas Budi. (oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close