Regional

Jokowi Bakal Resmikan Bendungan Karalloe

BIMATA.ID, Makassar – Presiden Joko Widodo bakal meresmikan Bendungan Karalloe di Kabupaten Jeneponto, Selasa (23/11/2021).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Senin (22/11/2021) siang meninjau persiapan peresmian.

“Bendungan ini adalah bendungan kesembilan yang besok akan diresmikan oleh Bapak Presiden tahun 2021 ini. September kemarin kita baru meresmikan Passelloreng,” kata Basuki.

Bendungan tersebut dibangun 2013. Kendati ada masalah pembebasan lahan, namun akhirnya bisa dilanjutkan pada 2017 saat dirinya meninjau proyek pembangunan bendungan tersebut.

“Alhamdulillah, bisa diselesaikan maju dari seharusnya Desember 2021, maju beberapa bulan,” ujarnya.

Basuki menjelaskan, kapasitas untuk debit air pada bendungan ini sekitar 40 juta meter kubik air yang dapat ditampung dan bisa dimanfaatkan masyarakat di beberapa daerah sekitarnya.

“Manfaat ini ada 40 juta meter kubik dengan kapasitas seluruhnya. Dan tidak meluap, tidak penuh,” sebutnya.

Dengan beroperasinya bendungan ini, kata dia, untuk irigasi Bendung Kelara memiliki 7.000 hektare lahan. Sekarang ini, tanpa bendungan masyarakat bisa menanam 150 persen pola intensitas tanaman. Sekali padi, sekali palawija. Itu artinya hanya 50 persen.

Sejauh ini, 7.000 hektare lahan ini hanya ditanami plus 50 persen dari 7.000 ditanami padi dan palawija, setiap tahun tanpa bendungan maka hasilnya tidak maksimal. Dengan hadirnya bendungan ini, maka akan ada 250 persen peningkatan hasil dari 7.000 hektare lahan tadi ketika ditanami, artinya 2×7.000 padi dan 3.500 palawija akan berhasil nantinya.

“Jadi manfaatnya untuk irigasi. Sementara untuk air baku ada 440 liter per detik, 420 liter per detik untuk Jeneponto, 20 liter per detik untuk Gowa air bakunya. Sedangkan listrik yang dihasilkan ada 4,5 MW (Mega Watt), “katanya menjelaskan.

Rencananya, tahun 2022 sudah ada DIPA untuk rehabilitasi irigasinya, karena Daerah Irigasi Karalloe sudah lama di bangun dan akan terdapat 80-an jaringan irigasi baru dibangun tahun depan pada rehabilitas optimal air dari Bendungan Karalloe ini.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close