Regional

Jalur Alternatif Maros-Sinjai, Golkar Minta Pemprov Buka Akses Camba-Bontocani

BIMATA.ID, Makassar – Sekretaris Fraksi Golkar DPRD Sulsel, Rahman Pina meminta Plt Gubernur Andi Sudirman Sulaiman membangun ruas jalan Mattirowalie-Pammusureng, Kecamatan Bontocani.

Hal ini untuk mempersingkat jarak tempuh Maros-Sinjai. Jalur ini berada di perbatasan Camba-Bontocani. Dengan jalan ini, maka akses Camba dari arah Maros ke Bone dan Sinjai, tak lagi  hanya bertumpuh pada satu jalur.

Kemacetan di jalan Camba- Mallawa yang selama ini kerap terjadi akan bisa diminimalkan dengan keberadan jalur ini.

“Terkait pembangunan infrastuktur ini, Fraksi Golkar meminta agar akses Camba dari arah Maros ke Bone dan Sinjai, tak lagi  hanya bertumpuh pada satu jalur, tapi juga segera membangun jalan poros Mattirowalie-Pamusureng yang lebih memperpendek jalur ke Sinjai,” kata Rahman Pina, Rabu (17/11/2021).

Selama ini, akses terdekat menuju Sinjai hanya bisa dilewati di Tanabatue, Kecamatan Libureng, yang terhubung ke Kahu- Sinjai Utara yang membutuhkan waktu paling cepat lima jam.

Jika jalan Mattirowalie-Pamusureng rampung kata dia, maka waktu yang dibutuhkan ke Sinjai dari Makassar tinggal dua atau tiga jam.

“Jadi bisa menghemat waktu perjalanan sampai dua jam sehingga pembangunan jalan poros ini sangat penting dan dibutuhkan,” kata Ketua Komisi D DPRD Sulsel itu.

Rahman Pina mengatakan, keberadaan jalan Mattirowalie-Pamusureng juga akan menggerakkan roda perekonomian di Kecamatan Bontocani, Bone. Mattirowalie-Pamusureng adalah dua desa di Kecamatan Bontocani yang menghubungkan dengan Sinjai.

“Selain akses ke Sinjai yang lebih dekat, perekonomian masyarakat di Kecamatan Bontocani, Bone yang selama ini kurang akses, kalau tak ingin dikatakan terpencil, akan lebih bergairah,” jelasnya.

(HW)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close