Berita

Hari Ini DPR Paripurnakan Hasil Uji Kepatutan dan Kelayakan Calon Panglima TNI

BIMATA.ID, Jakarta — Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR Indra Iskandar mengatakan, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, pada hari ini Senin (08/11) akan menggelar rapat paripurna  pengambilan keputusan tingkat II uji kepatutan dan kelayakan calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

“Iya hari ini paripurna dijadwalkan jam 10.00 WIB, salah satu agendanya adalah calon panglima TNI,” katanya, Senin (08/11/2021).

Proses Rangkaian uji kepatutan dan kelayakan Andika dimulai saat Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyerahkan surat presiden (Surpres) calon panglima TNI ke DPR pada 3 November 2021. Surpres diterima langsung Ketua DPR Puan Maharani.

DPR langsung menggelar Badan Musyawarah (Bamus) menugaskan Komisi I menindaklanjuti pengajuan Andika sebagai calon tunggal panglima TNI. Komisi yang membidangi pertahanan itu pun menggelar rapat internal menyusun jadwal uji kepatutan dan kelayakan pada Kamis, 4 November 2021.

Komisi I memutuskan jadwal pendalaman visi dan misi pada Sabtu, 6 November 2021. Salah satu alasannya agar hasil uji kepatutan dan kelayakan bisa diparipurnakan hari ini.

Hasilnya, Komisi I secara bulat menyetujui Andika sebagai suksesor Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Keputusan tersebut diperoleh setelah melalui rapat dengar pendapat umum (RDPU) bersifat semi terbuka selama dua setengah jam itu.

Sehari setelah itu, Komisi I melakukan kunjungan ke rumah Andika di Senayan Residen pada Sabtu, 7 November 2021. Hal itu dilakukan untuk verifikasi faktual.(oz)

Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close