Regional

Diskes Sulsel Buka Wacana Vaksinasi Lansia Secara Door to door

BIMATA.ID, Makassar – Dinas Kesehatan Kota Makassar mewacanakan vaksinasi warga lanjut usia (lansia) secara door to door.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sulsel Muhammadong mengatakan, Pemprov Sulsel akan mendorong kabupaten/kota untuk menggenjot target vaksinasi lansia, namun tentu dengan strategi terbaru untuk menyasar mereka.

“Kita akan lakukan strategi vaksinasi massal ‘door to door’ (dari rumah ke rumah) untuk bisa menyasar lansia dan ini rutin,” kata Muhammadong, Kamis (4/11/2021).

Menurutnya, banyak lansia yang sebenarnya bersedia untuk divaksin, hanya saja anggota keluarga malah kerap kali melarang. Padahal, akses tenaga kesehatan terbuka untuk menjangkau sasaran itu.

Strategi yang disampaikan Muhammadong ini, menyusul arahan dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang meminta cakupan vaksinasi Sulsel harus semakin digenjot, saat ia melakukan kunjungan kerja ke Makassar, Sulsel, beberapa waktu lalu.

Berdasarkan data KPCPEN pada 3 November 2021, total kelompok lansia yang telah divaksin sebanyak 139.959 orang untuk dosis 1, sedangkan dosis 2 sebanyak 91.946 orang. Dengan demikian vaksinasi lansia baru mencapai 18,56 persen dari 753.919 orang target lansia di Sulsel.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close