KesehatanRegional

Direktur RSUD Cendrawasih Dobo Maluku Merespon Cepat Hasil Perhitungan Unit Cost

BIMATA.ID, Kabupaten Kepulauan Aru — TIM pendamping Unit Cost bertemu dengan direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cendrawasih Dobo Kabupaten Kepulauan Aru, dr. Wati Gunawan, M.Kes membahas hasil perhitungan Unit Cost dan rekomendasi perbaikan yang diperlukan dalam rangka peningkatan mutu layanan kesehatan rumah sakit secara berkelanjutan. 

Pertemuan ini diselenggarakan di ruangan direktur rumah sakit dihadiri oleh sekretaris Jhon Tiven, Kasubag Perencanaan Jusman dan TIM yang dipimpin oleh Prof. Dr. Arlin Adam, SKM., M.Si, (09/11/2021) 

Dalam paparannya Prof. Arlin menyampaikan bahwa “hasil perhitungan unit cost ini menetapkan tarif layanan tiap-tiap unit pelayanan yang ada di rumah sakit secara rasional”. Ucapnya

“Distribusi tarif diberbagai layanan memperlihatkan adanya pemanfaatan sumber daya yang efisien karena investasi yang tersedia tidak sebanding dengan tingkat utilisasi pelayanan,” Kata Prof. Arlin.

Sementara Direktur RSUD Cendrawasih Dobo, dr. Wati Gunawan dalam tanggapannya merespon secara dinamis hasil-hasil sementara yang telah didapatkan oleh tim pendamping. 

“Proses pendampingan ini memberikan banyak manfaat bagi manajemen rumah sakit karena bukan hanya tarif yang dihasilkan sebagai output akan tetapi beberapa rekomendasi perbaikan yang diharapkan ditindaklanjuti oleh pihak manajemen rumah sakit untuk peningkatan mutu pelayanan,” ucapnya

Sejumlah rekomendasi perbaikan yang disarankan adalah perbaikan sistem informasi RS khususnya pencatatan secara detail terhadap penggunaan obat dan logistik pelayanan, penyusunan SOP berdasarkan kemampuan RS dan clinical pathway berdasarkan standar profesi, manajemen SDM, dan potensi penggalian sumber pendapatan RS untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan.

“Rekomendasi tersebut segera ditindaklanjuti melalui tindakan-tindakan perbaikan yang nanti dituangkan dalam Rencana Bisnis dan Anggaran RS tahun depan,” tuturnya

Direktur memberikan apresiasi kepada tim pendamping Unit Cost atas kerjasamanya sehingga RSUD Cenderawasih Dobo memiliki informasi akurat dalam merencanakan pelayanan kesehatan yang lebih bermutu.

“Progress pendampingan unit cost mencapai target 80% dan rencananya dokumen akhir akan diserahkan awal bulan desember ini,” ungkap Kasubag Perencanaan RSUD Cendrawasih Dobo, Jusman.

(****)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close