Regional

Capaian Vaksinasi 71,36 Persen, Diskes Makassar Klaim Capai Target Herd Immunity

BIMATA.ID, Makassar – Capaian vaksinasi di Kota Makassar sudah mencapai 71,36 persen. Dinas Kesehatan setempat mengklaim, jumlah tersebut sudah mencapai target herd immunity atau kekebalan kelompok.

Total penduduk di Kota Makassar sebanyak 1.102.330. 71,36 persen atau 710 ribu lebih warganya sudah mendapat vaksin dosis pertama. Sementara dosis kedua sudah mencapai 50,60 persen.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Nursaidah Sirajuddin mengatakan, meski pada dosis pertama telah mencapai angka 71,36 persen, pihaknya terus membuka layanan vaksin melalui berbagai program hingga target tersebut bisa tercapai.

Menurutnya, antusiasme warga Kota Makassar dalam mengikuti program pemerintah untuk penanganan Covid-19 itu cukup tinggi.

Meskipun demikian, ia mengaku jika kalangan masyarakat usia rentan atau lanjut usia dalam vaksinasi tidak terlalu signifikan seperti usia muda dan produktif.

“Kalau berdasarkan usia yang banyak vaksin tentunya adalah usia produktif dibandingkan dengan usia lansia,” kata Nursaidah.

Dia menyatakan, dengan capaian tersebut, herd immunity atau kekebalan kelompok telah terbentuk di Kota Makassar. Pasalnya, menurut Kementerian Kesehatan, herd immunity dapat tercapai ketika sebagian besar populasi kebal terhadap penyakit menular tertentu.

“Jadi apa yang diharapkan Kemenkes bahwa minimal 70 persen sudah kita dapatkan herd immunity. Kalau dosis dua 50,60 persen,” ujarnya.

Setelah melihat capaian tersebut, pihaknya masih tetap akan menggenjot vaksinasi massal dan melalui program 100 RT per 100 persen, angka sasaran yang ditargetkan bisa saja melampaui.

Seiring dengan capaian vaksinasi tersebut, kasus konfirmasi positif Covid-19 di Makassar juga dilaporkan melandai. Bahkan data harian kasus konfirmasi tidak melampaui angka 15-20 orang per harinya.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close