Berita

BMKG Informasikan Gempa Magnitudo 4,7 Guncang Wilayah Lasalimu Buton

BIMATA.ID, Kendari — Kepala Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari, Rudin, menyatakan pada hari Selasa (09/11) pukul 10:19 telah terjadi Gempa bumi tektonik kedalaman 13 km dengan magnitudo 4,7 mengguncang wilayah Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Dari hasil analisis BMKG menunjukkan episentrum gempa bumi terletak pada koordinat 5.32 LS, 123.16 BT, Atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 0,6 km, Barat Daya Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Sultra,” katanya, Selasa (09/11/2021).

Pihak BMKG menuturkan lokasi episenter dan kedalaman gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal di Barat Daya Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton.

Menurutnya guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Lasalimu Selatan III-IV MMI, Pasarwajo III MMI, Baunau II-III MMI.

“Dampak dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderit dan dinding berbunyi,” ucapnya.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

“Hingga pukul 10.50 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan,” ungkapnya.

BMKG menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Meminta masyarakat agar memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah,” tungkasnya. (oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close