Berita

Bencana Banjir Rendam Dua Wilayah Kecamatan di Jember Jawa Timur

BIMATA.ID, Jember — Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, Heru Widagdo, mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima bencana banjir dan tanah longsor mengakibatkan puluhan rumah warga serta beberapa fasilitas umum telah terendam banjir yang melanda dua wilayah kecamatan di Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada Kamis (18/11) malam.

“Ada tiga lokasi banjir dan tanah longsor yang terjadi di Kecamatan Bangsalsari dan Kecamatan Tanggul, Berdasarkan data BPBD Jember tercatat 79 rumah dan tiga fasilitas umum terdampak banjir di tiga desa yang tersebar di dua kecamatan, 300 warga yang terdampak sempat dievakuasi petugas ke tempat yang aman,” katanya,  Jumat (19/11/2021).

Pihak BPBD mengatakan, Lokasi banjir pertama berada di Desa Bangsalsari, Kecamatan Bangsalsari yang menyebabkan 20 rumah terendam banjir dengan ketinggian hampir 1 meter. Tembok Pondok Pesantren MHI Bangsalsari jebol sepanjang 10 meter, sehingga santri dan santriwati dievakuasi ke tempat yang aman.

“Lokasi banjir kedua di Desa Klatakan, Kecamatan Tanggul, yang merendam 59 rumah dengan ketinggian air sekitar 20-80 cm. Satu musala juga terdampak banjir. Tujuh orang kelompok rentan, yakni balita dan lansia, diungsikan sementara ke tempat aman,” ucapnya.

Bencana terjadi tidak hanya banjir, tanah longsor juga terjadi di Desa Banjarsari, Kecamatan Bangsalsari. Peristiwa ini menyebabkan tertutupnya jalan sepanjang 35 meter. Proses asesmen masih dilakukan relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Jember.

“Pagi ini banjir di beberapa lokasi sudah mulai surut dan menyisakan sedikit air bercampur lumpur, sehingga petugas melakukan proses pembersihan dan warga yang mengungsi kembali ke rumah masing-masing,” jelasnya. (oz)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close