BeritaPeristiwaRegionalUmum

Beberapa Daerah di Indonesia yang Diprediksi Berpotensi Banjir Rob

BIMATA.ID, Jakarta- Selain peringatan hujan lebat disertai petir di sejumlah daerah, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga mengeluarkan peringatan dini soal potensi banjir di kawasan pesisir (banjir rob) di wilayah pesisir utara Pulau Jawa pada 18-25 November.

“Untuk bersiaga dan waspada terhadap kondisi banjir rob yang akan terjadi sekitar tanggal 18-25 November 2021 pada pagi hingga siang hari, sedangkan potensi hujan lebat terjadi pada tanggal 19–23 November 2021 pada siang hingga sore hari,” ujar Kepala Pusat Meteorologi Maritim, Eko Prasetyo, Sabtu (20/11/2021).

Adapun wilayah yang perlu diwaspadai berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut di daerah penyangga ekonomi pesisir utara Jawa diantaranya Tangerang, Jakarta, Bekasi, Karawang, Subang, Indramayu, Cirebon, Brebes, Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Semarang, Demak, Jepara, dan Gresik.

BMKG menyatakan banjir rob merupakan fenomena yang pada umumnya sering terjadi khususnya di pesisir utara Jawa. Namun demikian, adanya kondisi pasang maksimum pada fase bulan purnama dan bersamaan dengan kejadian curah hujan akan menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian banjir rob yang lebih signifikan.

Sebelumnya, pada Februari 2021 di antara daerah tersebut di atas juga mengalami banjir. Antara DKI Jakarta, Subang, Sukabumi, Cianjur, Bogor, Indramayu, Majalengka, dan Cirebon.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close