RegionalBeritaHukumNasionalUmum

ASN Jalani Tes Urin, Walkot Cirebon: Demi Mewujudkan Pemerintahan Bersih dari Narkoba

BIMATA.ID, CIREBON – Ratusan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon mengikuti tes urin. Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan terhadap penyelenggara negara yang bersih dan bebas narkoba.

Tes urin langsung digelar usai pelaksanaan apel deteksi dini pelayanan tes urin dalam rangka pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba oleh tim terpadu (P4GN) di halaman Balai Kota Cirebon, Senin (1/10/2021).

Satu persatu penyelenggara negara di lingkungan Pemda Kota Cirebon, yang terdiri dari pejabat eselon dua dan tiga secara tertib mengikuti tes urin.

Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, S.H., menjelaskan tes urin ini digelar untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa peperangan melawan narkoba menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa. Termasuk penyelenggara pemerintahan di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Cirebon yang selama ini konsisten untuk memerangi dan mengajak masyarakat tidak terjerat narkoba.

Melalui tes urin ini, lanjut Azis, merupakan bukti nyata dukungan penyelenggara pemerintahan untuk memerangi narkoba.

“Tes urin ini membuktikan bahwa kami tidak hanya mendukung anti narkoba dengan kata-kata, namun juga dengan perbuatan,” tegas Azis.

Jika ditemukan ASN yang usai tes urin dinyatakan positif akan dilakukan sejumlah tahapan.

“Kalau ada yang positif, akan terlebih dahulu dipanggil oleh tim, mereka akan diwawancara obat apa yang diminum beberapa hari sebelumnya. Jika memang obat itu atas resep dokter tentu tidak masalah,” tutur Azis.

Namun kalau ada atas inisiatif sendiri, tentu akan ditindaklanjuti dan didalami. Tes laboratorium dan tim analis akan mengetahui apakah obat yang dikonsumsi termasuk pemanfaatan atau penyalahgunaan.

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close