BeritaPolitik

Yaqut Lantik Ketua Lazismu Sebagai Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia (RI), Yaqut Cholil Qumas, melantik Ketua Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu), Hilman Latief, menjabat sebagai Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) RI.

“Ya sudah dilantik, tadi jam 2 oleh Pak Menag di Kantor Kemenag,” kata Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag RI, Saiful Mujab, Jumat (01/10/2021).

Belakangan, Direktur Jenderal (Dirjen) Haji dan Umrah Kemenag RI masih dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt) dan belum diangkat Pejabat (Pj) secara definitif.

Selama ini, Hilman dikenal sebagai aktivis dan akademisi yang berlatar belakang Muhammadiyah. Ia menyandang gelar sebagai Guru Besar di Bidang Politik Islam dan Ilmu Politik dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Hilman menempuh pendidikan setara SMP-SMA di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Arqam Muhammadiyah Garut, Jawa Barat. Kemudian menyelesaikan gelar sarjana di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Ia menyelesaikan Program Master di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan di Western Michigan University, Amerika Serikat. Sementara itu, program S3 ia selesaikan di Utrecht University, Belanda.

Kini, Hilman masih menjabat sebagai Ketua Badan Pengurus Lazismu. Sebuah lembaga zakat nasional yang dibentuk Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

Diketahui, Ditjen Haji dan Umrah Kemenag RI tengah disibukkan untuk mengurusi persoalan umrah bagi calon jemaah asal Indonesia. Pasalnya, sampai saat ini Arab Saudi belum membuka penangguhan penerbangan bagi jemaah asal Indonesia untuk melakukan umrah.

Belakangan, Dirjen Haji dan Umrah Kemenag RI tengah menyusun program dan kebijakan terkait protokol kesehatan (prokes) untuk calon jemaah umrah bila Arab Saudi sudah membuka pintu bagi Indonesia.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close