Rehat

Tanpa Efek Samping, Keramas Pakai Kopi Terbukti Ampuh Atasi Masalah Rambut Rontok

BIMATA.ID, Jakarta- Kafein pada kopi ternyata tidak hanya membantu untuk fokus, tapi juga baik untuk kesehatan rambut. Sampo yang mengandung kafein dianggap secara signifikan dapat mengatasi rambut rontok.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Dermatologist sekaligus Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Arini Astasari Widodo, Sp.KK. Lewat sebuah penelitian, menunjukan sampo yang mengandung kafein ampuh atasi telogen effluvium.

Telogen effluvium adalah masalah kerontokan akibat stres, melahirkan atau setelah sembuh dari suatu penyakit.

“Setelah 6 bulan memakai shampo tersebut setiap hari selama 2 menit, terjadi penurunan kerontokan rambut pada lebih dari setengah peserta,” ujar dr. Arini yang dikutip dari suara.com, Rabu (6/10/2021).

Tidak hanya mengatasi kerontokan rambut, nyatanya efek sampo yang mengandung kafein juga bisa meningkatkan kekuatan rambut, dan mencegah kerontokan.

Bahkan uniknya di balik manfaatnya yang besar, nyatanya tidak ada efek samping lain saat sampo ini digunakan pada peserta.

“Studi lain juga menunjukkan kafein dapat  meningkatkan pemanjangan batang rambut, memperpanjang fase pertumbuhan rambut, dan merangsang akar rambut,” ungkap dr Arini.

Tapi studi lain ini membuktikan bahwa efek kafein pada sampo ini cenderung efektif pada rambut perempuan dibanding rambut pada lelaki.

“Pada folikel rambut wanita terdapat sensitivitas yang lebih tinggi terhadap kafein, dibandingkan dengan folikel rambut pada pria,” pungkas dr. Arini.

 

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close