BeritaEkonomiNasionalUMKMUmum

Sampoerna Beri Pelatihan Bagi Pelaku UMKM Perempuan

BIMATA.ID, Jakarta- Direktur Urusan Eksternal Sampoerna, Elvira Lianita mengatakan, saat ini PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) tengah memberikan program pelatihan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya pelaku usaha perempuan. Program yang bernama Semangat dan Aksi Perempuan Andalan (SAPA) untuk Indonesia ini memberikan berbagai kelas pelatihan untuk pelaku UMKM, seperti e-commerce, pemasaran digital, promosi, manajemen keuangan, serta kompetisi digital.

“Khususnya di masa pandemi, pemberdayaan UMKM serta peranan perempuan di dalamnya menjadi perhatian Sampoerna dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional,” kata dalam webinar Semangat dan Aksi Perempuan Andalan untuk Indonesia di Jakarta, Selasa (5/10/2021).

Menurutnya, UMKM menjadi salah satu kunci pemulihan ekonomi nasional. Pasalnya, sektor ini berkontribusi sekitar 60 persen pada Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dan menyerap 97 persen tenaga kerja. Besarnya peranan perempuan dalam UMKM juga terbukti melalui upaya pengembangan UMKM yang telah dijalankan selama ini oleh PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna).

Dari 150.000 toko kelontong yang tergabung dalam Sampoerna Retail Community (SRC), 57 persen diantaranya adalah milik perempuan. Sementara, pada Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) yang telah membina lebih dari 54.500 UMKM, lebih dari 50 persen digerakkan atau dimiliki oleh perempuan.

“Melalui SRC kami membina dan membangun sebuah komunitas yang terdiri dari 150.000 toko kelontong. Lebih dari 60 persen toko kelontong tersebut dimiliki dan dikelola oleh perempuan, dengan lebih dari separuh diantaranya merupakan pencari nafkah utama keluarga mereka,” kata Elvira.

Dirinya menilai, pelaku usaha perempuan ini juga terbukti memberdayakan komunitas sekitarnya. Para UMKM binaan ini mendedikasikan porsi tokonya untuk memajang dan menjual produk lokal.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close