BeritaKesehatanNasional

Rencana Pemerintah Antisipasi Cegah Gelombang Ketiga Pandemi COVID-19

BIMATA.ID, Jakarta- Pemerintah berencana melakukan pencegahan dalam menghadapi libur akhir tahun ini supaya tidak terjadi gelombang ketiga Pandemi Covid-19.

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK Agus Suprapto mengatakan pemerintah fokus pada gerakan 3T (Test, Tracing, Treatment).

“Mendekati libur akhir tahun ini pemerintah terus menggalakkan aturan mengenai protokol kesehatan (Prokes) kepada masyarakat dan fokus pada pencegahan melalui program 3T,” ujar Agus, Senin (25/10/2021).

Dirinya juga berharap percepatan program vaksinasi khususnya bagi lansia dan masyarakat rentan akan mencapai target yang telah ditetapkan oleh pemerintah sampai akhir tahun nanti. Langkah ini dilakukan untuk mencapai target vaksinasi kepada masyarakat sebesar 70 persen.

“Program vaksinasi khususnya bagi lansia dan masyarakat rentan, serta dosis ketiga bagi tenaga kesehatan juga perlu dipercepat, Sehingga pada akhir tahun nanti sudah mencapai target pemerintah yaitu minimal sebesar 70 persen cakupan vaksinasi di seluruh Indonesia,” tambah Agus.

Terdapat tiga program yang telah dijalankan oleh pemerintah untuk penanganan pandemi Covid-19 yaitu penanganan pada Covid-19 itu sendiri yang saat ini mengarah kepada endemi. Kedua penanganan dampak sosial dengan mempertahankan masyarakat supaya tidak kehilangan pekerjaannya.

Sementara yang ketiga penanganan di bidang ekonomi untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat sehari-hari.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close