Berita

Ratusan Rumah di Kota Malang Terdampak Banjir

BIMATA.ID, Malang — Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengatakan, berdasarkan informasi banjir dipicu hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah Kelurahan Blimbing, Kelurahan Purwantoro, dan Kelurahan Bunulreko, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur.

“Berdasarkan data BPBD Kota Malang menyebutkan kerugian materil sekitar 230 unit rumah terendam banjir, dan sebanyak 230 KK terdampak, Kondisi terkini banjir sudah surut,” katanya, Kamis (21/10/2021).

Pihaknya menyatakan menurunkan, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Malang telah melakukan asesmen terkait kerusakan, kerugian, dan sumber daya yang terdampak di lokasi kejadian serta pembersihan material atau sampah sisa banjir.

Berdasarkan analisis dari InaRisk, Kota Malang termasuk wilayah dengan risiko banjir kategori sedang hingga tinggi. Sejumlah daerah yang berisiko mencakup Kecamatan Kedung Kandang, Kecamatan Sukun, Kecamatan Klojen, Kecamatan Blimbing, dan Kecamatan Lowokwaru.

Abdul menghimbau, memasuki musim penghujan, masyarakat harus tetap mewaspadai bahaya banjir jika hujan dengan intensitas sangat tinggi terjadi terus menerus selama lebih dari satu jam.

“Upaya antisipasi seperti optimalisasi dan pembersihan saluran air juga perlu dilakukan dan pemangkasan ranting-ranting pohon yang berpotensi patah saat hujan yang disertai angin kencang,” tungkasnya.(oz)

Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close