Internasional

Presiden FIFA Gianni Infantino Ingin Piala Dunia Digelar di Israel – Palestina

BIMATA.ID, Jakarta- Presiden Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) Gianni Infantino mengusulkan Israel dan Palestina sebagai tuan rumah ajang Piala Dunia.

Usul Gianni Infantino ini mencuat setelah sang Presiden FIFA melakukan kunjungan resmi ke Israel. Kunjungan tersebut merupakan yang pertama baginya.

Ketika melakukan kunjungan Gianni Infantino membahas kemungkinan Israel menjadi tuan rumah pesta sepak bola dunia empat tahunan tersebut.

Akan tetapi, Infantino tidak menunjuk Israel sendiri sebagai tuan rumah, ia juga memasukkan Palestina untuk menemani negara tetangganya itu.

Selain itu, Kesepakatan Abraham terkait normalisasi situasi yang ditandatangani Israel, Uni Emirat Arab, Bahrain, Sudan dan Maroko juga turut dibahas.

Langkah tersebut diambil Infantino karena FIFA memiliki agenda memperluas Piala Duna menjadi event yang digelar sebanyak satu kali dalam dua tahun.

Gagasan Infantino menjadikan Israal-Palestina sebagai negara tuan rumah Piala Dunia tentu akan menimbulkan polemik, mengingat kedua negara tersebut berkonflik.

“Mengapa kita tak memimpikan Piala Dunia digelar di Israel dan negara tetangganya,” ucap Gianni Infantino dikutip dari The Athletic.

“Menggunakan Kesepakatan Abraham, mengapa kita tidak menggelar di Israel dan tetangganya di Timur Tengah, termasuk Palestina?” imbuhnya.

Namun begitu, melalui cuitan juru bicara FIFA pada akun Twitter pribadi, FIFA lebih mengutamakan Uni Emirat Arab sebagai penyelenggara Piala Dunia.

Mengingat Israel dan Palestina masih berada dalam konflik, meski begitu tak menutup kemungkinan dua negara ini kemudian bersatu untuk gelaran tersebut.

“Dalam diskusi, Presiden FIFA mengemukakan gagasan Israel sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030,” tulis Bennett.

“Bersama dengan negara-negara tetangga, utamanya bersama Uni Emirat Arab.” tulisnya lagi.

Seperti yang diketahui bersama jika Israel dan Palestina hingga saat ini masih terlibat konflik politik terkait pencaplokan wilayah.

Tak jarang aksi saling serang hingga menewaskan banyak orang kerap kali terjadi, utamanya di perbatasan-perbatasan negara tersebut.

Konflik yang sejatinya menjadi sorotan megabintang Manchester United asal Portugal, Cristiano Ronaldo yang secara terang-terangan membela Palestina.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close