EkonomiBeritaInternasionalNasionalOtomotif

Pemerintah Bakal Ekspor Mobil Buatan Indonesia 1 Juta Unit Pada 2025

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan akan mengeekspor kendaraan bermotor dengan bentuk utuh (completely built-up/CBU) mampu mencapai 1 juta unit pada 2025.

Hal tersebut dilakukan dalam upaya menjadikan RI sebagai basis untuk kendaraan bermotor di wilayah Asia Tenggara secara khusus, dengan orientasi ekspor.

“Oleh karenanya, kami terus menerus melobi pelaku usaha terkait agar dapat mencapai harapan tersebut,” katanya, Jumat (15/10/2021).

“Ini agar mampu menjadikan Indonesia sebagai basis produksi pada kendaraan bermotor yang berorientasi ekspor, yaitu kendaraan ramah lingkungan,” lanjutnya.

Pangsa pasar ekspor produk otomotif dari Indonesia untuk kendaraan roda empat atau lebih, termasuk komponennya saat ini sudah bisa masuk ke 80 negara. Catatan Kemenperin menyebutkan, selama Januari-Agustus 2021 total produksi mampu mencapai 185.000 unit CBU, 70.000 set CKD, dan 50 juta komponen.

“Tanah Air menunjukkan kepercayaan diri dan tingkat ekspansi yang nampak pada nilai PMI Manufactures yang pada September 2021, naik ke 52,2 poin,” kata Agus.

Menurut data, disebutkan bahwa sektor industri masih jadi kontributor terbesar dalam PDB nasional pada catatan tahun 2020 sebesar 17,89 persen, meningkat dari tahun sebelumnya sekitar 17,58 persen.

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close