Internasional

Motor Terbang Buatan Jepang Siap Dirilis, Berapa Harganya?

BIMATA.ID, Jakarta- A.L.I Technologies, perusahaan asal Jepang siap meluncurkan motor terbang yang mampu melaju hingga 100 km/jam selama 40 menit.

Menyadur Daily Mail Kamis (28/10/2021), kendaraan masa depan bernama XTurismo ini akan diluncurkan tahun depan dengan harga 77,7 juta yen yang setara Rp 9,7 miliar.

Motor terbang ini diproduksi 200 unit hoverbike single-rider secara terbatas, yang masing-masing memiliki berat 661lbs (300kg), pada paruh pertama tahun 2022.

Selain digunakan untuk kegiatan rekreasi, kendaraan ini potensi membantu menyelamatkan orang dari kecelakaan laut, kata anggota parlemen Jepang.

Saat uji terbang di arena pacuan kuda kosong di kaki Gunung Fuji, Xturismo naik beberapa kaki di atas tanah dan meluncur selama sekitar satu setengah menit.

“Kami ingin mengusulkan gaya hidup baru dengan kendaraan terapung ini,” kata CEO ALI Technologies Daisuke Katano pada acara di Fuji Speedway Racing Course, Nikkei Asia melaporkan.

Didukung mesin pembakaran internal, Xturismo memiliki dua baling-baling utama, yang terletak di posisi roda pada sepeda motor konvensional.

Empat baling-baling tambahan ditempatkan di sudut-sudut kendaraan agar bisa terbang secara stabil.

Salah satu kelemahan desain ini adalah suara mesin dan enam bilah rotor yang memekakkan telinga.

Xturismo menggunakan teknologi kontrol ketinggian yang sama dengan drone besutannya untuk memastikan penerbangan yang mulus.

Saat beristirahat di tanah, hoverbike bertumpu pada dua tempat pendaratan — mirip dengan yang terlihat pada helikopter.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close