Berita

Megawati Akan Dilantik Sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN

BIMATA.ID, Jakarta — Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono mengatakan, pada hari ini, Rabu 13 Oktober 2021, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melantik Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Salah satu tokoh yang dilantik adalah Ketua Dewan Pengarah BRIN Megawati Soekarnoputri.

“Iya Megawati dilantik dan anggota dewan pengarah BRIN lainnya,” katanya, Rabu (13/10/2021).

Heru juga belum mau membeberkan nama-nama anggota dewan pengarah lainnya. Informasi yang dihimpun, pelantikan rencananya digelar pada pukul 13.00 WIB di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Melebur Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) ke Badan Riset dan Inovasi (BRIN). Peleburan tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 33 Tahun 2021 tentang Badan Riset dan Inovasi.

Jokowi juga melebur Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN) ke BRIN. Pemerintah memberi waktu maksimal dua tahun untuk mengintegrasikan keempat lembaga ini.

“Dalam jangka waktu paling lama dua tahun sejak berlakunya Peraturan Presiden ini, tugas dan kewenangan pada LIPI, BPPT, BATAN, dan LAPAN diintegrasikan menjadi tugas, fungsi, dan kewenangan BRIN,” tertulis  dari salinan Pasal 69 ayat 1.

Dengan adanya integrasi ini, LIPI, BPPT, BATAN, dan LAPAN menjadi Organisasi Pelaksana Litbangjirap (OPL). Sementara itu, pengintegrasian tugas, fungsi, dan kewenangan akan diatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta melibatkan kementerian/lembaga terkait.[oz]

Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close