EkonomiBeritaEdukasiRegionalUmum

Lewat Program PKW, Pemerintah Dorong Perekonomian dan Lestarikan Tenun NTT

BIMATA.ID, NTT- Penciptaan dan pengembangan wirausaha baru harus terus digalakkan di berbagai sektor. Hal ini dilakukan agar ekonomi masyarakat terus bertumbuh. Salah satunya melalui upaya pelestarian kain tenun Nusa Tenggara Timur (NTT) yang saat ini menjadi fokus perhatian pemerintah melalui program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) komoditi tenun.

Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wury Ma’ruf Amin berharap agar dengan adanya program PKW, akan tumbuh wirausaha-wirausaha baru yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan serta berkontribusi dalam upaya pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan sektor-sektor ekonomi.

Salah satunya yaitu kerajinan tenun yang merupakan salah satu komoditi unggulan di Provinsi NTT dan dalam rangka pelestarian warisan budaya setempat. Dia mengatakan, tenun akan diusulkan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia di UNESCO.

“Dekranas juga harus turut aktif berperan serta untuk menggerakkan kembali sektor kerajinan. Dalam situasi saat ini, pemberdayaan ekonomi rakyat menjadi salah satu hal yang penting dan urgen untuk dilakukan,” katanya, Senin, 18 Oktober 2021.

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close