Regional

Lakukan Penataan, 8 Ribu Tenaga Kontrak Pemkot Makassar Diseleksi Ulang

BIMATA.ID, Makassar – Pemkot Makassar melakukan penataan ulang bagi tenaga kontrak. Sekitar 8 ribu pembantun pemerintah non ASN ini akan mengikuti seleksi Desember mendatang.

“Kami akan merestrukturisasi tenaga kontrak menjadi Laskar Pelangi (Pelayanan Publik Berintegritas) yang notabene bidang-bidangnya yang sudah diduduki. Misalnya bidang kesehatan, pendidikan, kebersihan, dan pelayanan,” kata Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto.

Danny mengatakan, para tenaga kontrak yang ada saat ini akan diikutkan seleksi melalui Computer Assisted Test (CAT). Mereka akan mengikuti seleksi berdasarkan kualifikasi kebutuhan di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD).

“Ini tes baru. Mereka akan bersaing. Tenaga kontrak lama belum tentu diperpanjang. Tenaga kontrak baru juga belum tentu diterima. Kita rencananya CAT di bulan Desember,” beber Danny.

Kualifikasi Laskar Pelangi yang akan diterima juga berbeda-beda. Mulai dari strata satu hingga lulusan SD sekalipun. Sekaligus menjaring masyarakat yang tidak mendapat pekerjaan.

“Misalnya di drainase, tidak butuh sarjana untuk kerjakan itu. Jadi ini dalam rangka membangkitkan ekonomi. Tentunya insentifnya ada yang rata, dan ada sesuai dengan pekerjaan,” ungkapnya.

Saat ini, kata Danny, ada sekitar 8 ribu tenaga kontrak di Pemkot Makassar. Sementara berdasarkan kajian awal butuh paling banyak 10 ribu orang agar mendapat kinerja yang ideal.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close