FoodKesehatanUmum

Inilah Buah yang Tidak Boleh Dimakan Sembarang Orang

BIMATA.ID, Jakarta- Kita semua tau bahwa buah menyehatkan tubuh. Namun, ada beberapa orang yang memilih untuk tidak memakan buah tertentu.

Misalnya saja, orang yang mengikuti diet rendah karbohidrat, penderita diabetes, atau ketogenik mungkin membatasi jumlah asupan buah mereka. Beberapa orang mungkin lebih memilih tidak makan buah-buahan tertentu karena kadar gula, lemak, atau kalori yang lebih tinggi.

Hal ini tentu mengganggu tujuan diet. Atau seperti penderita diabetes dan alergi, juga perlu memerhatikan asupan buah-buahan tertentu.

Menurut laman Medical News Today yang dikutip bimata.id, inilah buah yang dianggap tidak sehat bagi orang-orang tertentu?

1. Leci

Leci mengandung vitamin dan antioksidan yang bermanfaat. Namun, mereka mungkin terlalu manis untuk sebagian orang, dan mereka memiliki sedikit serat untuk menyeimbangkan kandungan gulanya. Bagi penderita diabetes, harus sangat hati-hati ketika mengonsumsi leci. Dokter pun menyarankan untuk tidak mengonsumsi leci lebih dari enam buah.

2. Nanas

Rasanya yang manis dan asam menjadi tawaran yang menggiurkan untuk dinikmati. Tapi tidak untuk ibu hamil. Karena buah ini mengandung enzim bromelain yang bisa memicu pelunakan serviks. Sehingga porsi dan cara mengonsumsinya tidak boleh berlebihan.

Makan nanas dalam jumlah yang terlalu banyak dapat mengganggu pencernaan ibu hamil. Kandungan asam dalam buah nanas dapat meningkatkan produksi asam lambung yang memicu nyeri ulu hati dan refluks asam lambung. Terkadang, kondisi ini juga dapat diikuti oleh diare.

3. Belimbing

Dengan rasa dan bentuk yang khas, belimbing banyak disukai. Tapi ternyata, buah ini sangat tidak disarankan untuk dikonsumi oleh orang-orang dengan penyakit ginjal. Baik belimbing biasa maupun belimbing wuluh tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita sakit ginjal. Bahkan, belimbing wuluh lebih tinggi berpotensi untuk menyebabkan keracunan pada penderita sakit ginjal karena zat neurotoxin-nya tak bisa dikeluarkan dengan baik.

 

(Bagus)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close