BeritaEkonomiInternasionalKesehatanNasional

Indef: Pandemi Tidak Dapat Menjadi Endemi Jika Tidak Bekerja Sama Dengan Negara Lain

BIMATA.ID, Jakarta- Direktur Eksekutif Institute of Development of Economics and Finance (Indef), Tauhid Ahmad mengatakan, pandemi Covid-19 tidak dapat menjadi endemi, bila Indonesia tidak bekerja sama dengan negara-negara lain.

“Pandemi menjadi endemi itu ketika bukan hanya Indonesia saja yang kasus positifnya turun drastis, tapi juga di negara-negara lain,” ujarnya.

Pasalnya, varian baru Covid-19 masih berpotensi dibawa ke Indonesia dari luar negeri, baik melalui bandar udara maupun pelabuhan internasional. Karena itu, Indonesia perlu bantuan negara lain untuk bersama-sama menghentikan penyebaran virus Covid-19.

“Karena kemungkinan, kalau jalur penerbangan internasional sudah mulai dibuka, pelabuhan barang maupun orang terbuka, varian baru itu kan sulit dideteksi. Karena pengalaman kita, dua tempat itu yang seringkali ‘jebol’ ketika ada varian baru,” ungkap Tauhid.

Selama Covid-19 masih menyebar luas, Tauhid yakin pemerintah akan terus memberlakukan PPKM, meski levelnya perlahan-lahan diturunkan. Akibatnya, pemulihan ekonomi berjalan lebih lambat.

(Bagus)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close