BeritaHukumPolitik

Eks Pecatan KPK Ingin Bentuk Parpol

BIMATA.ID, Jakarta – Mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia (RI), Rasamala Aritonang, mengemukakan niatnya untuk membentuk partai politik (parpol) yang bersih, berintegritas, dan akuntabel.

“Benar, ya kepikiran kalau mau bikin perubahan yang punya impact besar, kan partai politik adalah salah satu kendaraan strategis dalam sistem demokrasi,” ujarnya, di Jakarta, Rabu (13/10/2021).

Rasamala adalah salah satu dari 57 pegawai KPK RI yang diberhentikan karena dinyatakan tidak lulus Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), sebagai salah satu syarat proses pengalihan pegawai KPK RI menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Sementara ini kan publik banyak mengkritik parpol. Jadi, sebenarnya saya melihat ada peluang besar untuk membangun parpol yang bersih, berintegritas, dan akuntabel,” imbuh mantan Kepala Bagian Perancangan Peraturan dan Produk Hukum pada Biro Hukum KPK RI ini.

Dirinya menyampaikan, sudah mendiskusikan keinginannya tersebut dengan beberapa kawannya yang juga mantan pegawai KPK RI. Selain itu, juga akan meminta masukan dan pandangan dari tokoh-tokoh bangsa perihal pembentukan parpol.

“Lakso Anindito, Hotman (Tambunan), dan ada beberapa orang lagi. Saya juga dalam waktu dekat sedang mengupayakan untuk ketemu tokoh-tokoh untuk minta pandangan dan masukkan,” tandas Rasamala.

Rasamala memahami, tidak mudah membentuk parpol karena syaratnya yang rumit. Kendati demikian, rencana itu layak dicoba untuk perubahan dan kemajuan Indonesia. Dirinya juga menyebutkan nama parpol yang akan dibentuk, yakni Partai Serikat Pembebasan dengan ideologi Pancasila yang hakiki.

“Memang tantangannya tidak mudah, karena syarat pendirian parpol kan memang rumit, tetapi layak dicoba. Kalau bisa terwujud (Partai Serikat Pembebasan), saya yakin kami bisa memberikan dorongan lebih kuat lagi untuk perubahan dan kemajuan bagi Indonesia, tentu syaratnya Indonesia mesti bersih dari korupsi,” urainya.

Lebih lanjut, dirinya menuturkan, belum terpikir untuk bergabung dengan parpol yang sudah ada. Karena, gagasannya saat ini adalah membangun parpol yang bersih, berintegritas, dan akuntabel.

“Sementara ini gagasannya adalah membangun partai yang bersih, berintegritas, dan akuntabel. Belum terpikir soal tawaran dari partai, tetapi dalam konteks membangun aliansi untuk memajukan negara kan segala kemungkinan bisa saja dijajaki,” tutur Rasamala

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close