Regional

Diskes Makassar Buka Wacana Vaksinasi Lansia Secara Door to Door

BIMATA.ID, Makassar – Capaian vaksinasi bagi warga lanjut usia di Kota Makassar masih sangat rendah. Padahal, pemkot menargetkan sebanyak 101.284 lansia yang menerima vaksin.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Nursaidah Sirajuddin mengakui, sulitnya menggenjot target vaksinsi untuk lansia, berbagai upaya juga sudah dilakukan seperti vaksinasi drive thru khusus lansia, hingga sosialisasi intens di tingkat puskesmas.

Pihaknya tengah mempertimbangkan rencana vaksinasi door to door dalam waktu dekat agar capaian bisa meningkat signifikan.

“Jadi kita lihat dulu capaian program 100 1 100 di semua kecamatan, bila tetap masih rendah capaian lansia, ya kita lakukan lagi vaksinasi door to door, karena vaksinasi drive thru sudah kita laksanakan juga,” katanya.

Dia mengatakan, minimnya angka vaksinasi lansia bukan lagi menjadi persoalan lokal, hal ini menjadi masalah di hampir seluruh daerah di Indonesia.

Penolakannya pun disebutnya beragam mulai dari faktor komorbit hingga penolakan dari keluarga.

“Jadi kita harapkan semoga vaksinasi terhadap lansia ini bisa dimudahkan, jadi kita usahakan untuk fasilitasi agar mereka ini mau datang” pungkasnya.

(HW)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close