Regional

Diskes Makassar Bakal Vaksinasi 179 Warga Pemegang Sertifikat Vaksin Palsu

BIMATA.ID, Makassar – Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar memastikan akan memanggil 179 warga pemegang surat vaksin hasil manipulasi oknum perawat di Puskesmas Paccerakkang.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Makassar Nursaidah Sirajuddin mengatakan, sudah ada 20 orang dari 179 warga tersebut yang berhasil divaksin.

“Akan dipanggil untuk divaksin karena nomor telponnya sudah ada dipegang Kapus PKM Paccerakang. Sekarang sudah ada 20 orang yang sudah divaksin,” kata Nursaidah.

Dia memastikan pihaknya tidak akan mempidanakan 179 warga tersebut selama bersikap kooperatif dan mau datang sendiri ke lokasi vaksinasi.

“Jadi mereka ini kita pastikan tidak akan kita polisikan, mereka yang tidak divaksin,” ujarnya.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, kasus ini awalnya terungkap setelah Dinas Kesehatan melakukan audit.

Dari hasil audit, ditemukan perbedaan data. Stok vaksin yang ada lebih dibanding data warga yang sudah mendapat vaksinasi lewat P-Care.

“Berarti kan ada orang yang tidak divaksin. Maka itu hari dipanggillah Kapusnya, menghadap saya. Waktu itu saya minta mengaku memang mi sebelum ditemukan. Rupanya tidak ada yang mengaku. Makanya saya langsung lapor polisi,” kata Danny.

Oknum yang melakukan manipulasi data dan menerbitkan sertifikat vaksin palsu merupakan tenaga sukarela. Dia sudah dipecat sebagai konsekuensi dari perbuatannya.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close