Bola

Diserbu Pemain Muda, Penggawa Senior Persija Harus Kerja Lebih Keras

BIMATA.ID, Jakarta- Persija Jakarta menjalani BRI Liga 1 2021/2022 dengan citra sebagai klub yang ramah terhadap pemain muda. Pasalnya, hampir 50 persen pemainnya berusia di bawah 21 tahun.

Tapi, bukan berarti tim pelatih anti terhadap pemain senior. Buktinya beberapa pemain berusia 35 tahun ke atas masih tetap menjadi andalan, setidaknya di seri 1 Liga 1 2021/2022.

Mereka adalah Maman Abdurrahman yang berusia 39 tahun, Otavio Dutra (37), Marco Motta (35), dan Tony Sucipto (35). Mereka semua masih sering mendapatkan kepercayaan untuk tampil di bawah arahan Pelatih Angelo Alessio.

Dutra dan Tony menjadi dua pemain yang tak tergantikan dalam seri 1 BRI Liga 1 2021/2022. Keduanya rutin tampil sebagai starter dan tidak pernah diganti dalam laga kontra PSS Sleman, PSIS Semarang, Persipura Jayapura, Persela Lamongan, Persita Tangerang, dan Persiraja Banda Aceh.

Marco Motta sebenarnya sama-sama bermain di enam pertandingan. Tapi di laga vs Persiraja ia terpaksa ditarik keuar pada menit ke-19 karena mengalami cedera.

Selanjutnya ada Maman yang menjadi andalan pelatih Angelo Alessio yang dalam tiga laga terakhir diturunkan sebagai starter. Mantan bek timnas Indonesia itu menjadi pemain tertua Persija yang sudah turun di pertandingan.

Maman pun bercerita bagaimana bisa dapat kepercayaan dari Pelatih Angelo Alessio. Kerja keras disebutnya jadi kunci untuk mendapat kepercayaan juru taktik.

“Saya kerja di sepak bola. Saya harus hargai profesi ini. Kalau saya malas-malasan dalam berlatih artinya saya tak menghargai profesi saya,” kata Maman dalam keterangan resmi klub

“Jadi saat latihan di lapangan saya harus serius. Itu cara saya menghargai profesi. Saya pun tidak pernah bercanda saat latihan,” jelasnya.

Mantan pemain Persib Bandung itu mengaku selalu berusaha menjalankan perintah dari juru formasi asal Italia tersebut. Menurutnya, itu salah satu cara agar pelatih terus percaya kepadanya.

“Selain itu, buat saya yang penting bisa jalankan apa yang pelatih minta. Mau maksimal atau tidak itu urusan pelatih yang menilainya,” tambahnya.

Sementara itu, sebenarnya Persija masih memiliki satu nama lagi yang berusia di atas 35 tahun. Ia adalah Ismed Sofyan yang kini berusia 42 tahun.

Tapi, salah satu icon Macan Kemayoran julukan Persija itu masih berjuang untuk pulih dari cedera yang menimpanya.

 

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close