Berita

Dampak Kekeringan BPBD Distribusikan Air Bersih Kepada Puluhan Desa di Nusa Tenggara Timur

BIMATA.ID, Sikka– Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muhammad Daeng Bakir, mengatakan telah menyiapkan bantuan air bersih yang akan didistribusikan kepada puluhan desa yang mengalami kekeringan di wilayah Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

“Ada sebanyak 70 desa di Sikka dengan jumlah KK sekitar 11 ribu yang terdampak bencana kekeringan, yang berdampak pada krisis air bersih,” katanya, Senin (04/10/2021).

Pihaknya juga mengatakan, tim reaksi cepat BPBD sudah mendata warga yang kesulitan mendapatkan air bersih di desa-desa yang mengalami kekeringan serta menyiapkan sarana dan prasarana untuk menyalurkan bantuan air bersih ke desa-desa tersebut.

Muhammad Daeng Bakir mengatakan, pemerintah kabupaten mengantisipasi dampak bencana kekeringan hingga sekitar tiga bulan ke depan.

“Tim kami telah persiapan untuk penanganan dampak kekeringan, terutama pasokan air bersih bagi masyarakat terdampak hingga memasuki musim hujan,Pemerintah Kabupaten Sikka telah menetapkan status siaga darurat bencana kekeringan sejak 25 September 2021.” tungkasnya.

Bakir menjelaskan dalam pendistribusian air, BPBD menyewa mobil tangki tambahan untuk menyalurkan bantuan air bersih ke desa-desa yang mengalami kekeringan karena jumlah mobil tangki air milik pemerintah daerah terbatas.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close