BeritaKesehatanNasionalSains & TekUmum

BPJS Kesehatan Bantu Pemerintah lewat P-Care

BIMATA.ID, Jakarta-  Dalam upaya mewujudkan vaksinasi yang merata dan transparan, BPJS Kesehatan telah meluncurkan aplikasi P-Care yang dapat digunakan masyarakat luas untuk menjaga akuntabilitas dalam administrasi klaim Covid-19. Hal ini merupakan bentuk dukungan dan kolaborasi antara pemerintah, fasilitas kesehatan serta masyarakat Indonesia dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmidzi mengapresiasi dukungan BPJS Kesehatan dalam upaya vaksinasi melalui penggunaan aplikasi P-Care Vaksinasi.

“Penggunaan aplikasi P-Care Vaksinasi membantu kelancaran proses vaksinasi. Kami bersyukur BPJS Kesehatan juga mendukung penambahan server,” jelasnya.

Di samping itu, dalam proses verifikasi klaim BPJS Kesehatan juga terus meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan anggaran klaim Covid-19.

“Ini juga karena medical record yang dimiliki BPJS Kesehatan cukup rapi, transparan, dan akuntabel,” tambahnya.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti mengungkapkan, beragam inovasi juga terus dikembangkan BPJS Kesehatan dalam upaya penanggulangan Covid-19 secara intens.

“Meski pandemi saat ini sudah mulai terkendali, ini mendorong BPJS Kesehatan untuk tetap melakukan inovasi dan simplifikasi layanan,” ungkapnya.

Selain itu, untuk meningkatkan mutu layanan BPJS Kesehatan akan mengembangkan sistem pembayaran klaim ke rumah sakit melalui skema uang muka.

“Diharapkan fasilitas kesehatan dapat lebih leluasa dan lebih optimal untuk memberikan layanan kesehatan yang bermutu,” tambah Ali Ghufron.

Epidemiolog Universitas Indonesia, Pandu Riono mengatakan perlunya optimisme semua pihak dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Sehingga, jika gelombang ke-3 pandemi Covid-19 terjadi pemerintah dan masyarakat sudah menyiapkan semuanya.

“Penerapan protokol kesehatan, vaksinasi, serta kebijakan di era kebiasaan baru harus terus dilakukan. Tantu 2 tahun pandemi masyarakat diharapkan dapat lebih sigap dan aware,” tukas Pandu.

 

(Bagus)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close