BeritaPolitik

Bamsoet Kembali Terima Penghargaan Teropong Democracy Award 2021

BIMATA.ID, Jakarta – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia (RI), Bambang Soesatyo, kembali mendapatkan penghargaan dari media Teropong Senayan. Melalui ajang Teropong Democracy Award 2021, ia mendapatkan penghargaan dalam kategori National Figure.

Pemimpin Redaksi Teropong Senayan, Rihad Wiranto menyampaikan, indikator penilaian yang dilakukan antara lain mempersatukan perbedaan, pandai berdialog dengan masyarakat (populis), dan peduli terhadap minoritas.

“MPR yang mengemban visi sebagai rumah kebangsaan, pengawal ideologi Pancasila, dan kedaulatan rakyat mendapat mandat untuk menginternalisasikan empat konsepsi kenegaraan, yang kemudian dikenal dengan sebutan Empat Pilar MPR RI. Terdiri dari Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika,” ucap pria yang akrab disapa Bamsoet ini, usai menerima penghargaan tersebut secara virtual, di Jakarta, Rabu (27/10/2021).

Bamsoet menjelaskan, Teropong Democracy Award 2021 yang diselenggarakan dalam suasana peringatan Hari Parlemen 16 Oktober dan Sumpah Pemuda 28 Oktober, dapat menjadi momentum kebangkitan bagi segenap pemangku kepentingan.

Khususnya entitas pilar-pilar demokrasi untuk senantiasa berkontribusi secara nyata dalam pembangunan demokrasi di Tanah Air, yang hingga saat ini pun masih mengalami pasang surut dan dinamika.

“Dinamika ini akan terus hadir, mengingat saat ini kita menyongsong hadirnya perhelatan kontestasi politik Pemilu 2024. Suhu politik akan semakin menghangat. Kehidupan demokrasi akan terus ditempa oleh berbagai tantangan, yang tidak hanya menuntut kesiapan. Tetapi juga kedewasaan kita dalam menyikapi berbagai isu politik, agar suhu politik tetap kondusif, dan semangat menjaga persatuan serta kesatuan bangsa tetap menjadi panglima,” jelas Legislator daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) VII ini.

Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golongan Karya (Golkar) ini menyebutkan, semakin tinggi kualitas demokrasi suatu negara, maka semakin sejahtera kehidupan rakyatnya.

Karenanya, upaya membangun demokrasi merupakan usaha yang berkesinambungan, tidak berhenti pada satu titik pencapaian, atau bahkan mengalami kemerosotan. Di antara figur-figur yang dijadikan tumpuan bagi penguatan demokrasi adalah para wakil rakyat.

“Melalui pelaksanaan tugas-tugas konstitusionalnya di lembaga perwakilan, para wakil rakyat harus senantiasa memperjuangkan aspirasi rakyat dengan penuh tanggung jawab, serta mengaktualisasikan dan mengabdikan diri sebagai kepanjangan tangan dari konstituen yang diwakilinya. Dukungan Teropong Senayan melalui pemberian penghargaan, dapat menjadi tambahan motivasi bagi para wakil rakyat agar bekerja lebih baik lagi,” tandasnya.

Selain penghargaan National Figure dari Teropong Senayan, Bamsoet juga mendapatkan penghargaan Wing Kehormatan Penerbang Kelas 1 dari TNI-Angkatan Udara (2021), Warga Kehormatan dari TNI-Angkatan Laut (2020), Warga Kehormatan Korps Brimob (2020), dan Warga Kehormatan Badan Intelijen Negara (BIN) (2020).

[MBN]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close