Regional

Andi Sudirman Janji Bonus Tambahan Kafilah Sulsel Peraih Juara STQ Nasional

BIMATA.ID, Makassar – Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyiapkan bonus khusus bagi para kafilah yang meraih juara di Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional ke XXVI.

Hal ini disampaikan Sudirman saat menjamu para kafilah di Rumah Dinas Wakil Gubernur, Selasa (12/10/2021) kemarin.

Para kafilah ini akan membawa nama Provinsi Sulawesi Selatan untuk berlaga di tingkat nasional yang akan berlangsung di Kota Sofifi, Provinsi Maluku Utara pada 16-22 Oktober 2021. Para kafilah ini sebelumnya telah terpilih sebagai pemenang pada STQH tingkat Provinsi Sulsel di Sidrap pada Juni 2021. Mereka akan mengikuti lomba dari 4 cabang dengan 10 kategori.

“Kita harus cerdas dalam mempelajari agama, bagaimana kembali ke kihtahnya,” ungkapnya.

Ia pun berharap para kafilah yang masih berusia anak-anak, remaja hingga pemuda itu agar bisa menguasai satu keahlian.

“Bagaimana untuk terus belajar. Kami ingin ada peran adik-adik mencari bagaimana kemurnian Islam dengan mencari fatwa-fatwa ulama dunia. Sehingga bisa menjalani keilmuan yang spesifik,” jelasnya.

Dirinya pun mengingatkan para kafilah untuk tidak terbebani dengan perlombaan STQ ini.

“Bertanding adalah bertanding, tetapi jangan ada yang terbebani. Namun bagaimana melihat serta memaksimalkan bahwa kita datang melepaskan semua pikiran untuk tidak terbebani tetapi optimalkan dan fokus. Jangan melihat diri lebih lemah dari yang lain,” pesannya.

Andi Sudirman pun mengaku, bahwa salah satu yang menjadi permasalahan jika mengikuti lomba adalah grogi. Ia pun berbagi tips untuk mengatasi ‘demam panggung’.

“Kuasai materi, yakinkan diri bahwa kalian adalah orang pilihan dan hebat sehingga bisa percaya diri, biasakan diri untuk tampil, dan selalu melihat contoh dengan menonton orang-orang hebat yang bisa menjadi motivasi,” ujarnya.

Ia pun bakal menyiapkan hadiah tambahan bagi peraih medali dalam STQ itu. Guna memotivasi untuk bisa menampilkan yang lebih baik.

Plt Gubernur Sulsel pun berbincang banyak bersama para kafilah. Bahkan mendengar langsung beberapa kafilah melantunkan ayat-ayat suci Alquran.

Adapun cabang lomba STQ Nasional 2021 di Maluku Utara, di antaranya Cabang Seni Baca Al-Quran yaitu golongan anak-anak, golongan dewasa. Cabang Hafalan Al Quran, yaitu golongan 1 juz dan tilawah, golongan 5 juz dan tilawah, golongan 10 juz, golongan 20 juz, golongan 30 juz. Cabang tafsir Al Quran, golongan tafsir bahasa Arab, dan cabang Musabaqah Al-Hadits yaitu golongan hafalan 100 hadits dengan sanad dan golongan hafalan 500 hadits tanpa sanad.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close