Regional

Masih Butuh 6.698 Guru, Pemprov Pastikan Kembali Buka Rekrutmen PPPK

BIMATA.ID, Makassar – Rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) khusus guru pada tahap pertama belum mencukupi kebutuhan Pemprov Sulsel.

Pemprov berencana membuka gelombang kedua rekrutmen PPPK guru untu memenuhi 6.698 kuota yang dibutuhkan.

Kepala BKD Sulsel Imran Jausi mengatakan, kuota PPPK guru di Sulsel masih dibutuhkan. Setelah gelombang pertama hanya sedikit yang lolos passing grade.

Imran mengatakan, pada tahap pertama, hanya 1667 peserta PPPK guru yang lolos passing grade dan diterima menjadi ASN. Masih ada 6.682 kosong.

Untuk itu, Imran menekankan kepada calon peserta PPPK untuk mempersiapkan diri dengan matang. Sehingga tidak kesulitan dalam tahapan perekrutan.

“Harapan kami tentunya para calon PPPK harus lebih mempersiapkan diri karena kesempatan tidak banyak. Mereka harus manfaatkan dengan baik supaya bisa lulus, belajar dengan baik,” kata Imran.

Dia berharap ada perubahan kebijakan pada passing grade tes PPPK gelombang kedua mendatang. Mengingat banyaknya peserta yang merasa kesulitan.

“Fenomena ini secara nasional dalam arti passing grade sangat sulit dipenuhi kedua afirmasi. Boleh jadi pemerintah pusat mengevaluasi itu, akan ada kebijakan baru kalau ternyata kasusnya sama bahwa banyak tidak lulus,” ujarya.

Dia juga berharap kuota PPPK guru untuk pemprov bisa terisi sepenuhnya. Sehingga bisa mengurangi beban APBD.

“Bahwa dari 11 ribu guru honorer, kalau terisi sampai 8 ribu minimal mengurangi beban APBD kita. Tetapi itu tadi, jangan sampai itu formasi banyak kosongnya,” ujarnya.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close