BeritaPendidikanRegional

Darmianti Terpilih Sebagai Wisudawan Terbaik Unismuh Makassar

BIMATA.ID, Makassar– Wisuda ke-74 Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menempatkan Darmianti DN, mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter sebagai wisudawan terbaik. Ia meraih skor penilaian tertinggi 96.23 dengan menyelesaikan studi selama tiga tahun 10 bulan dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.27.

Keputusan Wisudawan Berprestasi tingkat Universitas tertuang dalam Surat Keputusan Nomor 580 Tahun 1443 H/2021 M. Keputusan itu diambil secara kolektif oleh tim penilai yang terdiri dari Ketua Badan Pembina Harian (BPH), Rektor, dan para Wakil Rektor Unismuh Makassar.

Menurut Wakil Rektor I Unismuh Makassar Dr Abd Rakhim Nanda, ada beberapa kriteria penilaian mahasiswa berprestasi tersebut. Ada penilaian IPK, jenjang kaderisasi, pemahaman Al-Islam Kemuhammadiyahan serta pengabdian, pemahaman Quran, pengalaman organisasi, prestasi mahasiswa dan karya ilmiah, serta lama studi.

“Jadi jika ada yang bertanya, mengapa IPK 3.27 bisa jadi wisudawan terbaik Universitas, hal itu mungkin saja. Karena IPK hanya 1 dari 6 kriteria penilaian. Yang memiliki IPK lebih tinggi juga tidak dirugikan, karena peniliaian indikator akademik mereka juga tinggi,” kata Rakhim.

Masing-masing tim penyeleksi memberi nilai untuk enam item penilaian dan memberikan nilai rata-rata.

“Hasil rata-rata enam penguji itu direkapitulasi hingga ada skor rata-rata akhir,” ungkap Alumni Program Doktor Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin ini.

Darmianti DN lahir di Sarammae, Kabupaten Wajo, 22 Juni 1999. Ia menamatkan Pendidikan dasar di SDN 334 Sogi (2011), dan melanjutkan pendidikan menengah di SMP Negeri 1 Maniangpajo (2014) dan SMA Negeri 3 Wajo (2017). Sejak SD hingga SMA ia selalu meraih peringkat I di sekolahnya.

Ia terdaftar sebagai mahasiswi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) sejak 2017. Sejak mahasiswa baru, ia telah bergabung di Asrama Mahasiswa KH Djamaluddin Amien (ASMADINA). Hingga tahun 2019, ia tetap aktif di asrama tersebut sebagai pembina/pendamping.

Sejak duduk di bangku SMP dan SMA, Darmianti telah aktif berorganisasi. Pernah menjabat Sekretaris OSIS saat SMP dan SMA. Ia juga telah aktif sebagai anggota Pramuka dan PMR.

Saat menginjak bangku kuliah, Darmianti aktif di Devisi Scientific Medical Ar-Razi Research Community (MARC) FK Unismuh Makassar periode 2018/2019 dan periode 2019/2020, serta BEM FK Unismuh 2019/2020. Ia juga aktif sebagai kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), sejak di Komisariat FKIK hingga saat ini menjabat Ketua Bidang Kesehatan PC IMM Kota Makassar.

Darmianti juga bukan kader IMM biasa, ia telah melewati berbagai jenjang pengaderan hingga level Instrukrur Madya. Mengikuti Darul Arqam Dasar (2018), Darul Arqam Madya (2019), Latihan Instruktur Dasar (2020) dan Latihan Instruktur Madya Nasional (2021).

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close