Regional

Covid Mulai Melandai, Bandara Sulhas Belum Buka Penerbangan Internasional

BIMATA.ID, Makassar – PT Angakasa Pura I belum berencana membuka penerbangan internasional di Bandara Sultan Hasanuddin. Padahal PPKM Makassar dan beberapa daerah lainnya di Sulsel sudah turun level.

Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I, Iwan Risdianto mengatakan, sampai sekarang, penerbangan internasional di Bandara Sultan Hasanuddin belum dibuka. Pihak Angkasa Pura Cabang Makassar, masih menunggu kebijakan pemerintah pusat.

“Sampai saat ini, belum ada petunjuk dan informasi terkait izin pembukaan penerbangan internasional,” kata Iwan.

Airport Duty Manager (ADM) Bandara Sultan Hasanuddin Rezki Farhan mengatakan, sepekan sebelum PPKM Level 2, jumlah penumpang hanya sekitar 113.505 orang. Satu minggu setelah PPKM Level 2, jumlah penumpang naik menjadi 120.315 orang.

“Kalau dibandingkan sebelum dan sesudah penerapan PPKM Level 2, jumlah peningkatan penumpang domestik mencapai 6 persen. Angka ini tentunya sangat signifikan. PPKM Level 2 ini berimbas pada pelonggaran syarat penerbangan juga,” katanya, Kamis (7/10/2021).

Sementara itu, peningkatan penumpang bandara jika dibandingkan dengan tahun lalu pada periode September, naik 1,13 persen atau setara dengan 473.921 orang. Ini, adalah angka tertinggi di wilayah kerja PT Angkasa Pura I.

“Kalau dibandingkan dengan tahun lalu pada periode September, itu kita mengalami kenaikan sebesar 1,13 persen atau setara dengan 473.921 penumpang. Memang angka ini tertinggi di wilayah kerja AP 1,” lanjutnya.

Meski terus mengalami peningkatan, pihak bandara tetap menjamin penerapan protokol kesehatan secara ketat kepada para penumpang dan juga seluruh petugas di bandara. Penerapan protokol kesehatan itu, juga senantiasa dipantau petugas keamanan dan pihak TNI-Polri.

“Sejak awal kami memang bertekad untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Dan sampai hari ini itu tidak ada yang berubah dari praktiknya,” pungkasnya.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close