Regional

Pemkot Makassar Bakal Usul Pelebaran Jembatan Barombong ke Kementerian PUPR

BIMATA.ID, Makassar – Pemkot Makassar bakal mengusulkan pelebaran jembatan Barombong, Kecamatan Tamalate, ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Jembatan ini merupakan jalan penghubung Kota Makassar dengan Kabupaten Gowa di wilayah pesisir pantai. Padatnya arus kendaraan yang masuk dan keluar Makassar membuat jembatan ini nyaris tak mampu lagi menampung volume kendaraan.

“2022 kita usulkan ke pemerintah pusat, karena jembatan itu memang kewenangan pusat,” kata Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Jumat (1/10/2021).

Danny mengatakan, infrastruktur di daerah Barombong sudah mesti ada penyegaran. Termasuk melakukan pelebaran jalan.

Ke depan kata Danny, kawasan ini akan menjadi lokasi strategis di Kota Makassar. Salah konsep yang direncanakan adalah menjadikannya kawasan waterfront city.

“Di sana itu macetnya kalau sore-sore cukup parah. Kasihan orang yang lalu lalang. Kalau seperti itu sama dengan menghalangi lancarnya perekonomian,” ujarnya.

Rencana ini pun diharapkan mendapat dukungan dari Pemprov Sulsel. Sebab, nanti pemkot maupun pemprov akan punya otoritas sendiri di sekitar kawasan tersebut. Misalnya Stadion Barombong sebagai otoritas Pemprov Sulsel.

“Fungsinya Barombong itukan bagian dari bangkitan transportasi dan menjadi beban Kota Makassar. Otoritas yang bangun itu di pemerintah provinsi,” pungkasnya.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close