Bimata

Waspada, Ada Potensi Hujan Es Sepekan ke Depan

BIMATA.ID, Jakarta- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan akan adanya potensi hujan es di sebagian besar wilayah Indonesia dalam satu pekan ke depan.

Potensi hujan es itu merupakan bagian dari cuaca ekstrem yang diprakirakan akan terjadi di Tanah Air seminggu ke depan. Selain hujan es, BMKG memprakirakan akan terjadi hujan yang terjadi sporadis, lebat dan berdurasi singkat yang disertai petir juga angin kencang.

Cuaca ekstrem ini bahkan berpotensi memicu bencana alam berupa banjir, tanah longsor, dan angin puting-beliung, demikian dibeberkan BMKG yang dikutip dari Antara, Selasa (14/9/2021).

Menurut BMKG, hujan es adalah fenomena cuaca biasa dan sering terjadi pada masa transisi atau pancaroba, baik dari musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya.

Berikut adalah indikasi-indikasi terjadinya hujan es menurut BMKG:

Kemudian Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara,Maluku Utara,Maluku,Papua Barat, dan Papua.

Exit mobile version