Nasional

Wamenhan Umumkan Pemenang Kompetisi Desain Produk Pertahanan & Keamanan Nasional 2021

BIMATA.ID, Jakarta- Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M. Herindra, Kamis (2/9), memberikan sambutan dalam pengumuman pemenang secara daring pada kompetisi desain produk pertahanan dan keamanan nasional tahun 2021 (Military Vehicle Design Competition 2021) di Kemhan, Jakarta.

Kompetisi yang merupakan kerjasama Kemhan dengan PT Pindad (Persero) ini secara resmi dibuka mulai tanggal 24 Mei 2021, yang ditujukan bagi desainer otomotif, pelaku industri otomotif, profesional, mahasiswa, dan siswa SMA sederajat untuk menuangkan ide kreatif dalam menghasilkan desain kendaraan taktis 4×4 yang mampu memenuhi kebutuhan TNI-Polri, maupun fungsi khusus seperti kendaraan dinas dalam operasi perang maupun non-perang.

“Saya berharap, kegiatan ini dapat dikembangkan ruang lingkupnya sehingga tidak hanya terfokus pada kompetisi desain produk Hankam berupa kendaraan khusus atau kendaraan militer saja, tetapi juga produk Hankam lainnya, seperti senjata, alat perlengkapan personel dan sebagainya yang berguna untuk mendukung pertahanan dan keamanan Indonesia”, kata Wamenhan.

Sementara kepada tim juri terdiri dari akademisi, desainer praktisi maupun profesional, perwakilan dari KKIP selaku regulator arah kebijakan pertahanan dan keamanan, serta pejabat yang mewakili Kementerian Pertahanan, Wamenhan menyampaikan apresisasi disertai ucapan terima kasih atas obyektifitas penilaian, mengingat desain yang terpilih nantinya akan dikembangkan dan menjadi produk referensi PT Pindad.

Hadir dan membuka pengumuman pemenang kompetisi desain produk pertahanan dan keamanan nasional tahun 2021, Dirut PT Pindad (Persero) Abraham Mose, sedangkan secara daring hadir juga Kepala Bidang Litbangyasa & Standarisasi Letjen TNI (Purn) Dr. Yoedhi Swastanto, M.B.A. Kompetisi ini telah melalui beberapa tahap sebelumnya, diantaranya pengumpulan hasil desain pada 1-8 Agustus 2021, konfirmasi finalis pada 11 Agustus 2021, dan penilaian oleh juri pada tanggal 12-13 Agustus 2021.

Hasil keseluruhan dari pemenang Kompetisi Desain Produk Pertahanan & Keamanan Nasional 2021 tersebut, Juara I kategori pelajar/mahasiswa diraih M. Davy Pradana dan Miftah Aryohadi sedangkan kategori profesional oleh Achmad Fadillah, Juara II kategori pelajar/mahasiswa diraih Tri Deny Molana dan kategori profesional oleh Geri Primera dan Ilham Jauhara. Dan Juara III kategori pelajar/mahasiswa diraih Mayang Woro Syaffitri, Aldi Nur Affandi, dan Muhammad Ridwan Siswanto, kategori profesional diraih oleh Freksa.

Biro Humas Setjen Kemenhan

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close