Nasional

Wamenhan RI Ikuti 4th ASEAN-Republic Of Korea Defense Vice Ministerial Meeting

BIMATA.ID, Jakarta- Wakil Menteri Pertahanan RI M. Herindra, Rabu (8/9) mengikuti pertemuan ASEAN-Republic Of Korea Defense Vice Ministerial Meeting yang dilaksanakan secara daring dari Kemhan, Jakarta. Pertemuan yang dibuka oleh Wamenhan Republic Of Korea HE Park Jae-min dan diikuti oleh Wakil Menteri Pertahanan negara-negara ASEAN membicarakan mengenai Development Aspect for Defense Cooperation between ROK-ASEAN to make peace and prosperity in the Region.

Wamenhan RI M. Herindra dalam sambutannya menjelaskan bahwa ROK telah menjadi mitra penting bagi ASEAN sejak beberapa dekade lalu. Seiring dengan peringatan 30 tahun Hubungan Dialog ASEAN-ROK pada tahun 2019, ASEAN dan ROK terus memajukan hubungan dengan mengadopsi Pernyataan Visi Bersama ASEAN-ROK untuk Perdamaian, Kemakmuran, dan Kemitraan. ASEAN-ROK juga diharapkan terus mengembangkan kerjasama untuk memperkuat hubungan kerja sama antara ASEAN dan ROK terutama dalam sektor pertahanan paska fase pemulihan pandemi Covid-19.

“ASEAN dan ROK terus mengembangkan kerjasama dengan mengadopsi ASEAN-ROK join visions statement for peace, prosperity and partnership. Indonesia menyambut baik “New Southern Policy Plus” yang bertujuan untuk lebih meningkatkan hubungan ASEAN-ROK dalam bentuk kerjasama yang lebih praktis sejalan dengan prioritas ASEAN pada masa paska pandemic Covid-19”, ujar Wamenhan M. Herindra.

Selanjutnya Wamenhan RI menegaskan, ROK telah menjadi mitra penting bagi ASEAN. ROK telah berpartisipasi secara aktif dalam mekanisme ADMM-Plus terutama dengan memimpin Kelompok Kerja Ahli. Selain itu, Pertemuan Wakil Menteri Pertahanan ini diselenggarakan untuk lebih memperkuat kerja sama di bidang pertahanan antara ASEAN dan ROK.

ASEAN-ROK Defence Vice-Ministerial Meeting tahun 2021 kali ini merupakan pertemuan keempat sejak pertama kali dilaksanakan pada bulan September 2017 di Seoul, ROK dalam rangka memperingati 50 tahun berdirinya ASEAN untuk membahas isu-isu keamanan kawasan dan respon bersama terhadap ancaman keamanan yang dihadapi oleh ROK dan ASEAN. Pertemuan juga bertujuan untuk dialog dan kerjasama keamanan serta membangun kepercayaan. Peserta adalah para Wamenhan negara anggota ASEAN dan diketuai oleh Wamenhan ROK.

Saat mengikuti pertemuan Wakil Menteri Pertahanan ROK dan ASEAN ini Wamenhan RI didampingi Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Dr. rer. pol. Rodon Pedrason, M.A., dan Dirkersinhan Ditjen Strahan Kemhan Brigjen TNI J. Binsar P. Sianipar.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close