BeritaEkonomiPertanianRegional

Upaya Pemerintah Tingkatkan Kualitas Petani Lewat Modern Smart Farming

BIMATA.ID, Jakarta- Presiden Republlik Indonesia Joko Widodo mengatakan, pemerintah sedang berupaya mengubah pola pikir para petani agar mau mengikuti perkembangan zaman/ modernisasi khususnya dalam sektor pertanian. karena saat ini inovasi sangat dibutuhkan untuk menghadapi tren pertanian 4.0 demi meningkatkan produktivitas.

“Pemerintah terus berupaya untuk mengubah mindset petani kita dari pertanian tradisional ke pertanian modern smart farming,” jelas Jokowi dalam Pidato Peringatan Dies Natalis ke-58 Institut Pertanian Bogor (IPB) secara virtual, Rabu (01/09/2021).

Pemerintah juga terus melakukan inovasi dalam pengembangan teknologi produksi serta sistem distribusi. Dalam hal ini, Jokowi mengajak seluruh civitas akademika menjadikan IPB sebagai kampus pelopor inovasi yang dapat memberikan solusi cerdas demi meningkatkan kesejahteraan petani.

“Menciptakan ruang yang makin nyaman bagi pemikiran dan karya-karya inovatif. Terus menemukan inovasi yang memberikan solusi cerdas bagi masyarakat khususnya peningkatan kesejahteraan para petani,” katanya.

Presiden Jokowi berharap IPB dapat memperkuat hilirisasi riset dan inovasi dengan membangun jalinan yang kuat bersama dunia Industri. Dia meyakini cara-cara ini akan membuat IPB menjadi garda terdepan dalam menyelesaikan masalah pangan dan pertanian di Indonesia.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close