Regional

Target PAD Makassar di APBD-P 2021 Turun Rp334,8 Miliar

BIMATA.ID, Makassar – Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Makassar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (ABPD) Perubahan 2021 turun sebesar Rp334,81 miliar atau 19,85 persen dari target APBD Pokok 2021 Rp1,68 triliun.

Selain PAD, target retribusi daerah juga turun signifikan sebesar Rp79,40 miliar, atau 46,38 persen. Pemkot mengklaim, penurunan ini disebabkan terpuruknya ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Dalam rapat  paripurna jawaban wali kota terhadap pandangan umum fraksi di DPRD Makassar, Rabu (29/9/202), Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, penurunan target tersebut tidak terlepas dari kondisi sosial ekonomi masyarakat pada awal 2021 yang masih lemah akibat pandemi Covid-19 l

“Hal ini diperparah dengan terjadinya lonjakan kedua kasus pandemi Covid-19 di pertengahan tahun 2021 yang berimplikasi pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang semakin melemahkan daya beli masyarakat,” kata Danny sapaan akrab Ramdhan Pomanto.

Menurutnya, hal tersebut terlihat jelas pada realisasi pendapatan. Ia mencontohkan, dari sektor pajak parkir dan pajak hiburan belum mencapai 10 persen dari target yang telah ditetapkan dalam APBD Tahun 2021.

“Maka sesuai dengan asas pemungutan pajak, Pemerintah Kota Makassar harus menyesuaikan target pendapatan asli daerah dengan kemampuan dan penghasilan wajib pajak, dimana metode yang digunakan adalah proyeksi moving average realisasi terhadap target,” jelasnya.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close