FoodKesehatan

Sederet Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan

BIMATA.ID, Jakarta- Daun salam tidak hanya memiliki manfaat lebih dari sekadar penambah cita rasa makanan, tetapi juga mempunyai khasiat untuk kesehatan.

Daun salam kerap dijadikan sebagai obat tradisional karena diyakini mampu mengatasi berbagai penyakit dalam tubuh. Kandungan daun salam yang paling banyak adalah kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, mangan, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, riboflavin, dan seng.

Berikut ini 3 manfaat daun salam untuk kesehatan:

1. Daun salam memiliki efek antibakteri

Manfaat untuk kesehatan yang pertama adalah efek antibakteri yang dimilikinya. Sebuah studi laboratorium menunjukkan bahwa sifat antibakteri dari daun salam mampu menghentikan pertumbuhan bakteri. Daun salam dapat menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus (bakteri penyebab infeksi Staph) dan E. coli.

2. Daun salam dapat menurunkan kadar gula darah

Daun salam untuk kesehatan selanjutnya adalah menurunkan kadar gula darah. Kadar gula darah penderita diabetes tipe 2 dapat turun setelah rutin mengonsumsi kapsul daun salam. Akan tetapi, perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiat tersebut bisa didapatkan jika mengonsumsi daun salam dalam jumlah yang lebih sedikit.

3. Daun salam bisa mencegah penyakit kanker

Daun salam mampu membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker payudara dan kanker kolorektal. Akan tetapi, perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat efektivitas daun salam dalam mencegah penyakit kanker.

(Bagus)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close